Cara Gubernur Ridwan Kamil Agar Dekat dengan Anak-anaknya

TEMPO | 12 November 2018 | 23:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bertepatan dengan Hari Ayah Nasional yang jatuh pada Senin (12/11) ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membeberkan kedekatannya dengan anak-anaknya. Ia mengatakan, sebagai ayah sekaligus gubernur, ia merasa harus menjadi pahlawan bagi sang anak.

“Jadi kalau ayahnya sangat dekat, perhatian, memimpin ibadah, selalu hadir, itu menjadi sebuah kebutuhan,” ungkap Ridwan Kamil di ruang tamu Gedung Sate, Bandung Senin (12/11).

Ridwan Kamil menuturkan, untuk menciptakan kedekatan dengan putrinya yang bersekolah di SMP, ia membantu menyelesaikan pekerjaan rumah.  “Inilah cara saya menjaga kedekatan dengan anak, walaupun saya sudah menjadi gubernur,”  katanya.

 Lain lagi yang Ridwan Kamil lakukan pada anak laki-lakinya yang sudah SMA.  Komunikasi dengan sang anak  dilakukan layaknya terhadap sahabat. Dengan begitu sang anak menjadi terbuka.

“Kami juga momotoran bareng, curhat. Gara-gara itu jadi ketahuan siapa kecengannya dia,” selorohnya.

Kedekatan dan keakraban Ridwan Kamil dengan anak-anaknya juga tampak ketika semalam mereka berkaroke bersama. Selama hampir 1,5 jam  mereka menyanyikan lagu-lagu grup musik kesukaan mereka, Queen.

“Saya juga belajar tentang K-Pop,  supaya kalau ngobrol dengan anak saya rada nyambung. Kalau kitanya nggak ngerti dunia mereka, gimana kita tau apa yang ada di pikiran mereka,” ungkapnya.

Ridwan Kamil mengajarkan kesederhanaan pada anak-anaknya. “Kalau saya berperilaku kurang baik,  keluarga, mereka akan kena dampak. Sebaliknya,  kalau anak-anak saya macem-macem nanti orangtuanya berdampak. Atas dasar kesepakatan informal  keluarga itu kita menyepakati,” ujarnya. 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait