Hal Penting Sebelum menekuni Industri Kreatif, Tips dari Martha Puri Natasande

Agestia Jatilarasati | 25 November 2018 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setiap hari Martha Puri Natasande menggambar desain produknya sambil bekerja. Ia mengontak para bloger untuk memperkenalkan dirinya sekaligus membuat jaringan pertemanan karena menyadari bisa  memperkenalkan Ideku Handmade kepada khalayak luas lewat jaringan pertemanan ini.  

“Dua tahun setelahnya, aku merasa sudah enggak bisa bekerja maksimal karena pikiranku terus ke Ideku Handmade. Jadi aku izin ke papa, ingin fokus di Ideku Handmade dan bersyukurnya beliau mengizinkan,” kenangnya.

Berdasarkan pengalamannya ini, di tahun 2010 Puri tergerak membuka pelatihan menggambar lewat berbagai media seperti kertas, kain, hingga boneka. Apalagi setelah melihat para bloger kesenian di luar negeri sering mengadakan perkumpulan serupa untuk menyemangati para wanita yang ingin mencari penghasilan lewat hobi menggambar. Puri juga ingin berbagi. 

Pelatihan demi pelatihan ini kemudian dinamai  program Latihan Pegang Kuas. Dari sinilah, Puri yang tadinya dikenal sebagai pebisnis kreatif menjelma menjadi influencer di bidang menggambar.

Tak hanya itu, Puri juga dipercaya membuat buku berbagai kerajinan tangan seperti Kreasi Bantal dan Boneka, Kreasi Celemek dan Cempal, Flanel dan Perca, serta Colors Stories.

Di pengujung percakapan, Puri membocorkan hal terpenting yang harus dimiliki seseorang yang ingin menekuni bidang industri kreatif.

“Hal pertama yang harus diperhatikan adalah, menemukan identitas dari karya kalian sendiri. Kalau tidak ada identitas yang kuat maka orang akan sulit mengingat dan menerima karya kita. Yang kedua adalah segera merealisasikan ide! Karena sebagus apapun idemu kalau hanya sebatas angan, ya tidak akan jadi apa-apa. Ingat, di era yang sudah maju ini, persaingan semakin ketat. Bisa jadi ketika kita masih memikirkan sebuah ide,  orang lain yang sudah mulai mengerjakannya,” pungkasnya.

Ayo, mulai berkarya!

selesai

(ages / gur)

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait