Perempuan Bintang Awards 2018: Mira Lesmana (Bintang Seni dan Budaya)

Yuriantin Minggu, 2 Desember 2018 07:30:46
Mira Lesmana mendirikan rumah produksi MILES FILMS di tahun 1995 (Dok. Bintang Indonesia)

TABLOIDBINTANG.COM - Mira Lesmana mendirikan rumah produksi MILES FILMS di tahun 1995 bermodalkan 8 tahun pengalamannya di dunia periklanan.

Lulusan sarjana Institut Kesenian Jakarta ini mulai dikenal ketika memproduksi serial dokudrama Anak Seribu Pulau.

Mira kemudian fokus menjadi produser film layar lebar. Lewat Sherina (2000) dan Ada Apa Dengan Cinta? (2002), Mira membangkitkan minat masyarakat Indonesia untuk kembali menonton film. Kedua film tersebut juga masuk dalam daftar film box office di Indonesia.

Film-film karya Mira kaya akan keberagaman dan kerap meraih berbagai penghargaan. Salah satunya, film Laskar Pelangi (2008) yang sempat dinobatkan sebagai film terlaris Indonesia sepanjang masa pada tahun 2008 lalu. Laskar Pelangi juga terseleksi pada program bergengsi Panorama pada Berlinale 2009.

Mira juga berjasa memenangkan 6 piala Citra pada Festival Film Indonesia 2016 lewat film Athirah (2016). Total, Mira telah memproduseri 16 film layar lebar dan sejumlah film pendek.

Selain sebagai produser, Mira juga merupakan penulis ratusan lirik lagu dan ikut serta menulis skenario beberapa film-filmnya.

(yuri / gur)
 

Penulis Yuriantin
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.