Perempuan Bintang Awards 2018: Mia Sutanto (Bintang Komunitas)

Yuriantin | 12 Desember 2018 | 20:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Berangkat dari pengalaman menyusui anak pertamanya, Mia Sutanto mendirikan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI).

Menjadi ibu di tahun 2004, Mia bertekad memberi ASI untuk anaknya. Seperti ibu lainnya, ia menganggap menyusui adalah sesuatu yang alami dan mudah. Kenyataanya, Mia mengalami berbagai permasalahan seputar menyusui dan bingung harus mencari bantuan kemana. Akibatnya, putri Mia tak mendapatkan ASI eksklusif pada 6 bulan pertama, dan bayinya hanya disusui selama 10 bulan.

Awal tahun 2007, Mia mengikuti pelatihan konselor menyusui yang diselenggarakan Sentra Laktasi Indonesia. Setelahnya, ia mulai mengedukasi orang terdekatnya. Ibu 2 anak ini juga bergabung di milis ASIFORBABY.

Usai bertemu dengan ibu-ibu menyusui dari milis tersebut, semua sepakat mendirikan support group untuk ibu menyusui. Berdirilah Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia pada April 2007. Berkat dedikasinya, pengawas AIMI (2018-2023) ini kerap menjadi narasumber dalam diskusi yang menyangkut topik menyusui.

Peraih Forbes Indonesia Inspiring Women 2016 ini juga merupakan tim penyusun RAPERDA Pemberian ASI & Ruang Menyusui Pemprov DKI Jakarta tahun 2016. Dan kini, kami memilihnya sebagai salah satu pemenang pada Perempuan Bintang Awards 2018 untuk kategori Bintang Komunitas.

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait