Kesuksesan Klinik Gigi OMDC Oktri Manessa-Toto Diwarnai Pengiriman Surat Kaleng

Rizki Adis Abeba | 17 Desember 2018 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam kurun enam tahun, OMDC yang mulanya hanya memiliki satu poli telah berkembang menjadi 12 poli plus satu poli OMDC Signature yang memberikan layanan premium di Mampang, serta dua cabang di Alam Sutera dan Joglo, Jakarta Barat.

Popularitas OMDC melambung setelah klinik ini menjadi langganan para selebritis, mulai Raffi Ahmad-Nagita Slavina, Robby Purba, Afgan, hingga Meisya Siregar. 

Saat ini OMDC melayani tak kurang dari 5.000 pasien setiap bulan dengan omzet mencapai puluhan miliar per tahun. OMDC juga terus melancarkan misi sosial dengan memberi pendidikan lewat media sosial juga sejumlah program seperti OMDC goes to village, OMDC goes to school, dan OMDC goes to office, di mana mereka memberikan layanan pemeriksaan gigi gratis. 

“Rencana kami selanjutnya, di tahun 2020 OMDC sudah mempunyai lima cabang dan mulai mendirikan rumah sakit OMDC,” ungkap Toto.

Ternyata langkah yang ditempuh Oktri dan Toto bukannya tanpa kendala. Di awal perjalanan, OMDC dipergunjingkan karena dianggap merusak harga pasar. Bahkan ada yang mengirimkan surat kaleng kepada gubernur DKI Jakarta dan mengadukan hal-hal negatif soal OMDC. 

“Kami dituding menurunkan harkat dan derajat dokter karena dokternya dibayar murah, kliniknya tidak punya izin, kliniknya seperti salon, lalu dituduh juga alat dan bahan yang dipakai kadaluarsa,” kata Toto.

Namun semua tudingan itu berhasil dipatahkan.

“Kenapa bisa murah? Karena kami menurunkan nilai jasa. Kami mengambil keuntungan sedikit tapi dengan kuantitas banyak, dibanding mengambil keuntungan banyak tapi kuantitasnya sedikit,” jelas Oktri.

OMDC tidak semata-mata mengejar keuntungan. “Kenapa? Kembali ke misi sosial tadi, kami ingin membantu lebih banyak orang. Kedua, kami ingin profesi dokter lebih dihargai. Kalau pasiennya banyak, jam terbang mereka semakin tinggi sehingga kemampuannya pun meningkat, otomatis secara pendapatan mereka pun semakin tinggi,” tandas Oktri.

(riz / gur)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait