Shandy William Bintang Film Kain Kafan Hitam Ternyata Jagoan Taekwondo

Yohanes Adi Pamungkas | 18 Februari 2019 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Siapa sangka dibalik sosok yang tenang dan berwajah kalem, aktor Shandy William sejak masih berusia 5 tahun sudah mendalami seni bela diri taekwondo. “Saya tidak tahu alasan orang tua waktu dulu menyuruh saya latihan taekwondo, jadi saya ikut-ikut saja karena masih kecil,” bilang Shandy William kepada Tabloidbintang.com.

Saat ini Shandy William berusia 22 tahun. Jadi sudah sekitar 17 tahun, cowok kelahiran Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini bergelut dengan dunia taekwondo. “Saya mengikuti prosesnya kenaikan tingkat atau ganti sabuk, sekarang saya sudah memiliki sabuk hitam,” beber Shandy William.

Mendalami taekwondo banyak hal positif yang bisa dirasakan oleh Shandy William. “Saya bisa mengontrol emosi dan tentu melindungi diri sendiri,” kata cowok yang membintangi film Kain Kafan Hitam.

Suatu hari bagian wajah Shandy William pernah dipukul oleh seseorang. Shandy William yang memiliki latar belakang taekwondo justru tidak membalas pukulan dari orang itu. “Karena pukulan itu tidak parah, saya belajar sabar dan mengontrol emosi. Kalau emosi saya tidak dikontrol, bisa-bisa saya balas pukulan itu,” ceplos Shandy William.

Saat masih di Banjarmasin, Shandy William sudah mengikuti berbagai kejuaraan taekwondo dari mulai kejuaraan junior hingga senior. “Bukan mau menyombongkan diri, kalau di Banjarmasin sudah tidak ada lawannya lagi yang seumuran saya,” tegas Shandy William.

Akhirnya Shandy William mendapatkan beasiswa untuk menempuh pendidikan di sekolah atlet di Ragunan, Jakarta Selatan. “Waktu itu kelas 2 SMA saya pindah karena mengikuti pelatnas di Jakarta,” kata teman dari Defia Rosmaniar, atlet taekwondo yang mendapatkan emas dalam ajang Asian Games di Jakarta, tahun lalu.

Sudah memiliki sabuk hitam dengan prestasi membanggakan, Shandy William belum mau menjadi pelatih taekwondo. “Latihan saja bersama teman-teman yang lain karena saya juga sedang merintis karir menjadi artis,” tutur dia.

( han / ray )

Penulis : Yohanes Adi Pamungkas
Editor: Yohanes Adi Pamungkas
Berita Terkait