Hera Wijaya Menyulap Bonggol Pisang Menjadi Camilan Kekinian

Agestia Jatilarasati | 20 Februari 2019 | 21:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bonggol salah satu bagian dari tanaman pisang yang jarang dimanfaatkan dan hanya menjadi limbah. Namun pemuda asal Indramayu, Hera Wijaya (24) menjadikan bonggol pisang sebagai camilan kekinian yang gurih nan lezat. Inovasinya itu mengantarnya mendapatkan sejumlah penghargaan di bidang entrepreneurship dari tingkat regional hingga nasional.

Ide Hera mengubah bonggol pisang tercetus saat melihat kebiasaan para petani di daerah tempat tinggalnya di Indramayu, yang membuang bonggol pisang ke sungai hingga menjadi penyebab banjir kala musim hujan tiba.

“Dari situ kebetulan saya lagi mencari ide untuk tugas kreatifitas mahasiswa, kenapa enggak saya coba untuk memanfaatkan bonggol pisang. Tapi jadi apa?” cerita  dihubungi Bintang lewat telepon, pekan lalu.

Hera kemudian teringat kakeknya yang pernah menyantap bonggol pisang. “Aku lalu terpikir untuk menjadikan bonggol pisang sebagai kuliner,” cetus Hera.

Ide awal Hera membuat abon dari bonggol pisang. Namun itu tidak mudah direalisasikan. Setelah satu tahun melakukan uji coba, ia akhirnya berhasil membuat abon dari bonggol pisang yang tak hanya enak tapi juga baik untuk dikonsumsi. 

“Masalah yang saya hadapi saat itu, abon tidak bisa tahan lama. Dua hari langsung basi. Karena saya enggak mau menggunakan bahan pengawet, saya melakukan uji coba sampai 18 kali,” kisah Hera yang kala itu duduk di semester 2 Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Hera tak langsung menjual inovasinya. Barulah di 2017, ia meluncurkan abon bonggol pisang yang diberi nama Abopink.    

(ages / gur)

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait