Cerita Siswa SMA Jakarta Diterima di 9 Universitas Bergengsi Amerika

Ari Kurniawan | 14 April 2019 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Nama Moses Mayer sempat membuat heboh dunia pendidikan Tanah Air berkat prestasinya. 

Siswa kelas 12 Jakarta Intercultural School (JIS) itu diterima di sembilan universitas ternama di Amerika Serikat, di antaranya Harvard University, Princeton University, Yale University, Cornell University, University of Pennsylvania, M.E.T UC Berkeley, UCLA, University of Michigan, dan Carnegie Melon University.

Dari sembilan kampus yang membuka pintu untuknya, Moses mengerucutkan pilihan menjadi tiga, yakni Harvard, Princeton, dan M.E.T UC Berkeley. Pada akhirnya, ia memilih Harvard untuk meneruskan pendidikannya.

"Di Harvard itu saya enggak harus langsung memilih jurusan apa yang akan saya ambil nantinya," ujar Moses saat ditemui di Jakarta Intercultural School (JIS), Jumat (12/4).

Moses mengungkapkan, Harvard memberikan keleluasaan menjelajahi semua mata kuliah untuk mendapatkan jurusan yang menjadi minat mahasiswanya. Namun, pria yang hobi olahraga basket ini mengatakan jurusan yang akan diambilnya kemungkinan tak jauh dari minatnya sekarang.

"Saya mau coba dulu, explore dulu hal apa yang saya minati. Untuk sementara saya masih minat ke Matematika, Komputer dan Ekonomi. Jadi mungkin gabungan dari ketiga itu," jelas Moses.

Untuk menentukan jurusan yang akan diambil, kata Moses, Harvard memberi deadline hingga akhir tahun kedua. Selama rentang waktu tersebut, Moses akan memanfaatkan dengan mengambil kelas yang berbeda-beda. 

"Biar bisa tahu banyak, lebih explore lagi dengan minat saya nantinya. Setahu saya batas waktu untuk kepastian mengambil jurusan itu di akhir tahun kedua. Untuk bisa lulus dalam mengambil jurusan yang saya minati itu ada minimum credit requirement. Setiap kelas ada minimum credit requirement yang harus dicapai," tuturnya.

(ari/ari)
 

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait