Wanita Sarat Prestasi di Balik Layar Perak: Aline Jusria

Yuriantin | 22 April 2019 | 23:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Namanya mungkin masih asing di telinga para pencinta film. Padahal sosok wanita ini sangat berjasa di balik lahirnya sebuah film, Aline Jusria.

Berkarier sebagai editor film layar lebar sejak 2005, Aline Jusria (40) tergolong produktif. Rencananya wanita yang mengawali karier sebagai editor film dokumenter ini akan menyunting 8 film tahun ini. Bulan lalu, Aline baru saja selesai menyunting Hit & Run. 

Menikmati profesinya kini, Aline mengatakan seorang editor film bukan hanya bertugas memotong atau menyambung gambar.

"Editor juga seorang pencerita. Bagaimana caranya editor bisa bercerita lewat potongan gambar, menyampaikan pesan dalam film dengan bada, dan menjaga ritme cerita tetap dramatis. Makanya, ada istilah editor itu sutradara kedua. Karena mereka yang meramu asam manis cerita di meja editing melalui kerja sama dengan sutradara," urai Aline yang berharap bisa berkolaborasi dengan sineas mancanegara ini. 

Menurut wanita yang telah nenyunting lebih dari 40 film ini, passion menjadi kunci eksistensinya. "Dengan passion, kita bisa menjadi suporter bagi diri sendiri. Kita juga harus cinta dengan profesi dan apa yang kita kerjakan. Jenuh pasti ada tapi kalau ada cinta, kita pasti bertahan," ujar peraih 2 Piala Citra untuk Penyunting Gambar Terbaik ini. 

(yuri / gur)
 

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait