Mengenang Rudy Badil, Begini Sosoknya di Mata Sang Anak

Altov Johar | 12 Juli 2019 | 08:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banu, anak Rudy Badil, merasa kehilangan sisok ayah yang selalu mengajarinya menulis. Semasa hidup, Rudy Badil memang dikenal sebagai wartawan legendaris dan ikon Harian Kompas, untuk penulisan budaya dengan tutur bahasa yang memikat.

"Dia ngajarin saya jadi orang yang keras, saya anak tunggal. Sama ngajarin cara nulis yang benar bagaimana, sampai akhirnya saya bisa jadi wartawan juga sampai sekarang. Meski saya enggak sehebat beliau," ujar Banu di rumah duka Rumah Sakit Dharmais, Jakarta Barat, Kamis (11/7).

Banyak kenangan tentang Rudy Badil yang masih tersimpan rapih di memori Banu. Bukan hanya sosok ayah yang tegas, almarhum juga populer di kalangan wartawan. "Dia galak, tegas, populer di kalangan wartawan, pendaki gunung juga," imbuhnya.

Mengingat kepiawaian sang ayah sebagai jurnalis, Banu berusaha untuk mengikuti jejaknya. Apalagi Rudy sudah memiliki karya yang dibukukan, dan memotivasinya untuk menulis.

"Dia punya banyak buku, mungkin itu yg saya tiru, saya udh nulis 1-2 buku krn bapak saya bilang wartawan itu ada karyanya kalau udah bikin buku. Kalau enggak ya bukan apa-apa. Itu yang memacu saya untuk terus menulis," pungkas Banu.

Saat ini jenazah Rudy Badil disemayamkan di rumah duka Rumah Sakit Dharmais. Rencananya jenazah akan dimakamkan pada Hari Sabtu (13/7), di TPU Tanah Kusir. "Tapi masih nego-nego dulu karena KTP beliau bukan DKI," pungkas Banu.

(tov/ari)

Penulis : Altov Johar
Editor: Altov Johar
Berita Terkait