Berkenalan dengan Nurhasanah, Dubber Karakter Doraemon Sejak 1993

Abdul Rahman Syaukani | 14 Oktober 2014 | 12:12 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - DORAEMON, pastinya sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Mulai dari kalangan anak-anak sampai orangtua.

Namun, meski tahu namanya karena membaca credit title di televisi, tak banyak yang mengetahui wajah sang dubber atau penyulih suara karakter Doraemon. 

Nurhasanah, sang dubber, sehari-harinya adalah karyawati Radio Republik Indonesia (RRI) di bagian Produksi Sandiwara Radio.

"Ya, aku yang men-dubber karakter Doraemon dari tahun 1993 sampai sekarang," kata Nurhasanah memulai pembicaraan dengan Bintang Online, di Studio Hanggar, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (13/10).

Diceritakan wanita berhijab ini, awalnya dia tidak begitu tahu tentang Doraemon karena jarang nonton. Namun karena ada penawaran untuk menjadi dubber, dia pun mulai tertarik dan menontonnya.

Tak terlalu sulit baginya untuk menirukan suara Doraemon karena memiliki background di dunia teater.

"Kalau sekarang enggak ngurusin yang lain-lain lagi. Dulu telenovela pernah, India juga pernah. Tapi itu dulu banget," bilangnya.

Doraemon pertama kali muncul di layar kaca Indonesia bersamaan dengan RCTI mengudara pertama kalai pada November 1988. Artinya sudah lebih dari 26 tahun .

Sejumlah pergantian pendubber terjadi untuk beberapa karakter mengingat rentang waktu penayangan yang sangat panjang.

(man/gur)

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait