Totos Rasiti Sampaikan Kritik Sosial Lewat Karakter Om Jin

Ari Kurniawan | 28 Agustus 2019 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pemirsa televisi pasti sudah tidak asing dengan wajah aktor Totos Rasiti. Sejak 2009, ia sering muncul di iklan Djarum 76 sebagai Jin yang berbusana tradisional Jawa, dengan beskap, lengkap dengan blangkonnya. 

Jin dengan kearifan lokal ini selalu tampil dalam berbagai versi cerita yang lucu dan konyol. Benang merahnya, ia selalu punya solusi nyeleneh dalam mengabulkan permintaan orang.

Teranyar, Om Jin menampilkan pahlawan super alias superhero. Dalam video yang beredar di platform YouTube, Om Jin hendak mengabulkan permintaan seorang pria bersama pasangannya yang baru selesai nonton film di bioskop. Terinsipirasi sosok superhero di film, tanpa pikir panjang, si pria langsung minta agar dirinya dijadikan seperti superhero yang punya kekuatan super.

Seperti biasa, Om Jin punya interpretasi kocak terhadap permintaan bos barunya ini. Alih-alih superhero gagah, ia malah mengubah pria tersebut menjadi sosok yang menggelikan. Jin mengubah pria itu menjadi mahluk berwujud kera mengenakan body armour layaknya superhero di film Hollywood. Ulah Om Jin kali ini pun membuat banyak orang terpingkal-pingkal.

Totos Rasiti merasa senang sekaligus bangga mendapat apresiasi positif dari publik atas karakter yang ia perankan. Bukan sekadar menghibur, alumni Institut Kesenian Jakarta (IKJ) itu mengaku juga membawa pesan dan makna tersirat dalam setiap cerita yang dihadirkan.

Ada kritik sosial yang dapat dimaknai secara positif oleh masyarakat lewat karakter Om Jin. Termasuk dari sosok superhero kera yang kali ini dimunculkan. 

"Sekarang ini banyak orang pengin jadi pahlawan, padahal realitasnya sebenarnya tidak mendukung hal itu. Misalnya di tengah ramainya isu politik belakangan ini, banyak banget orang yang tiba-tiba pengin ngurusin negara, tiba-tiba pengin jadi superhero. Tapi kenyataannya berbeda. Akhirnya cuma jadi bahan lelucon aja. Tindakan orang yang pengin jadi superhero ini malah jadi bahan ketawaan orang," ungkap Totos Rasiti.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait