Mengenal Steavanus, Atlet Ice Skating Peraih Medali Perak SEA Games 2019

Binsar Hutapea | 17 Januari 2020 | 04:00 WIB

Steavanus menjadi perbincangan setelah menorehkan prestasi di arena SEA Games 2019 di Filipina beberapa bulan lalu. Atlet nasional cabang olahraha ice skating ini menyebut pencapaiannya di SEA Games 2019 melewati jalan panjang. Rupanya Steave menjadi atlet sepatu roda sejak usia 5 tahun. Konsisten menekuni olahraga ini membuat namanya mendunia. Prestasinya tak hanya di tingkat Nasional, tapi juga internasional.

Steveanus meraih medali emas di ajang SEA Games 2011 untuk nomor 500 meter speed putra. Ia ikut serta di kompetisi Join World Champion Korea 2011 dan Join World Champion Belgia 2013. Kini Steveanus beralih ke ice skating. Keputusan ini disertai alasan kuat. "Saya memilih olahraga ice skating karena dipertandingkan di Olimpiade," ungkap Steveanus, belum lama ini. Prestasinya di gelanggang ice skating tidak kalah jika dibandingkan saat masih pakai sepatu roda.

Prestasi Steveanus di cabang olahraga ini antara lain satu medali emas dan perunggu di SEA Trophy 2017, medali perak SEA Games 2017, dan empat perunggu Asian Trophy 2018. Itu masih ditambah satu perak dan perunggu Korea Open 2019. Yang paling anyar, Steveanus membawa pulang dua perak dan satu perunggu dari SEA Games 2019 di Filipina. Pencapaian ini tak serta merta membuat Steveanus silap mata. Ia tetap rajin berlatih dan mengasup makanan bernutrisi antara lain daging ayam, ikan, dan telur.

"Dalam sehari, saya mengonsumsi 2 gram per berat badan saya. Berat badan saya saat ini 60 kg. Selain itu minum 2 sachet Evolene Whey Protein di pagi hari, dan 2 lagi habis sesi latihan malam," Steveanus menukas. Ia beralasan, butuh asupan protein tinggi, rendah lemak serta rendah karbohidrat. "Jadi saya enggak khawatir kelebihan kalori saat mengonsumsinya. Ini untuk menjaga stamina agar lebih prima. Rajin berlatih dan mengonsumsi makanan serta suplemen bergizi menjadi kunci prestasi saya," pungkasnya.

TABLOIDBINTANG.COM -  

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait