Danial Rifki, Bintang Baru Penulis Skenario Film

Wayan Diananto | 1 November 2014 | 02:43 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejak industri film Indonesia menggeliat, perlahan posisi penulis sangat penting. Mereka menjadi bagian dari komunitas seleb. 

Kita mengenal Dewi "Dee" Lestari, penulis yang dipercaya menggarap film laris Perahu Kertas. Salman Aristo mencapai popularitas berkat meledaknya Ayat-Ayat Cinta dan Laskar Pelangi di bioskop. Lalu adakah yang menyangsikan popularitas Raditya Dika? Kini, film Indonesia punya bintang (baca: penulis) baru: Danial Rifki (31).
    
Danial Rifki mengejutkan publik setelah naskah pertamanya diganjar Piala Citra dalam Festival Film Indonesia 2012, di Yogyakarta. Karyanya, Tanah Surga... Katanya menyingkirkan empat nomine lain: Emha Ainun Nadjib (Rayya: Cahaya Di Atas Cahaya), Salman Aristo (Garuda Di Dadaku 2), Samaria Simanjuntak (Demi Ucok), dan Teddy Soeriaatmaja (Lovely Man). 
    
Kemilau kariernya kembali terpendar setahun kemudian saat gelar Penulis Skenario Terbaik di Festival Film Bandung 2013 jatuh ke tangannya. Citra memberi efek besar bagi karier Rifki. 

"Banyak pekerjaan datang, saya bisa memasang honor lebih tinggi," tuturnya. Sebenarnya, minat Rifki menjadi sutradara. Penyutradaraan, disiplin ilmu yang dipelajarinya di Institut Kesenian Jakarta IKJ sejak 2002. Kebetulan, ia juga bisa menulis. Sejak kecil, ia suka bercerita buat orang lain. 
    
Jujur, Rifki khawatir jangan-jangan ia akan lebih dikenal sebagai penulis skenario ketimbang sutradara. 

(wyn/adm)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait