Saipul Jamil Si Pangeran Kesayangan yang Bikin Kaum Hawa Tercengang 5 Tahun Lalu

Vallesca Souisa | 3 September 2021 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah 5 tahun dipenjara, hari ini Kamis (2/9), Saipul Jamil bebas. Berita ini, menggiring kita kembali ke kenangan 5 tahun lalu. Apa yang membuat Ipul—sapaan akrabnya—sampai dipenjara? Tahun 2016, nama Ipul, citranya jadi terkoyak, pasca seorang pemuda bernisial DS membuat laporan, merasa telah dilecehkan secara seksual oleh Ipul. Tak hanya DS, menyusul kemudian pemuda lainnya berinisal AW—mantan asistennya, yang masih berusia 20 tahun—melapor juga atas pelecehan seksual yang dilakuan Ipul. Tak hanya sampai di DS dan AW, kemudian ada lagi pemuda lainnya melapor.

Semuanya laki-laki. Ini kenyataannya. Apa artinya Ipul penyuka sesama jenis? Membuat para penggemarnya kala itu, yang khususnya ibu-ibu tercengang. Antara percaya dan tidak percaya. Jikalau benar Ipul penyuka sesama jenis, banyak wanita, khususnya ibu-ibu, bertanya, mengapa dia pernah menikah? Dua kali pula. Selama ini hidupnya di layar kaca pun dikelilingi wanita silih berganti. Parasnya yang ganteng, tubuhnya yang tinggi, dan atletis, ah dia banyak bikin wanita kesengsem. Di keluraganya, Saipul juga kesayangan.

Saipul Jamil yang mengawali kariernya lewat boy band Gaul ini dibesarkan di keluarga sederhana di Serang, Banten. Ayahnya, TBM Kawi bin Malin, pegawai di Angkatan Darat. Sementara ibunya, Sanah binti Madraka, ibu rumah tangga. Lahir sebagai bungsu dari lima bersaudara, ia anak laki-laki paling dimanja orang tua. “Namanya anak bungsu. Kalau enggak dimanja, saya ngambek,” cerita Ipul kepada Tabloid Bintang Indonesia pada 2009. Di antara saudara laki-lakinya yang lain, ia kerap disebut pangeran kesayangan ibu. “Dulu dijuluki pangeran kesayangan,” ujarnya.

Di sekolah, meski bukan tergolong siswa berprestasi, ia juga murid kesayangan guru. “Bahkan, saya jadi siswa terapi. Kalau pakai baju, harus mencolok, enggak pernah mau yang compang-camping dan kotor. Pasti rapi dan selalu wangi. Kalau difoto maunya bergaya. Centil banget deh, ha ha ha,” kenang Ipul sambil tertawa lebar.

Paras ganteng, tubuh tinggi dan tegap, pakaian selalu rapi dan wangi, membuatnya disenangi banyak kawan perempuan. Ia pun supel. “Teman cewekku banyak sejak sekolah. Tapi dulu waktu sekolah aku masih susah mengutarakan perasaan kepada cewek,” bilangnya.

Ia mengawali karier di dunia hiburan dari cover boy Majalah Anita hingga mengikuti pemilihan Abang None Jakarta. Pada 2003 ia bergabung dalam grup vokal Gaul. Sayang hanya bertahan satu tahun, ia beralih menjadi penyanyi dangdut dan di sanalah ia menuai rezekinya. Bahwa kemudian ia terjerat kasus ini, orang-orang di dunia hiburan sesungguhnya sudah mendengar isu Ipul penyuka sesama jenis sejak bertahun-tahun silam.

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait