Selfi Yamma LIDA Si Ratu Cengkok yang Menyanyi Sejak Usia 4 Tahun

Vallesca Souisa Selasa, 8 Maret 2022 03:00:55
Selfi LIDA. (Seno/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Apa yang umumnya dilakukan anak usia 4 tahun? Mereka baru belajar membaca, mereka baru belajar menyanyi sedikit-sedikit. Tetapi jebolan juara I LIDA 2018, Selfi Yamma, sudah menyanyi di hadapan orang banyak, dalam beberapa acara di usia 4 tahun. Sejak usia 3 tahun dia sudah lancar menyanyi, dengan nada-nada yang stabil dan vokal yang tepat.

“Di usia 3 tahun saya sudah nyanyi-nyanyi di rumah. Di tetangga tuh punya sound kan, jadi bisa karokean, di situlah aku mulai suka dipanggil nyanyi. Usia 4 tahun saya sudah suka diajak nyanyi di acara-acara, kebetulan sepupunya ibu kan pemain keyboris,” cerita Selfi, Gadis asal Soppeng, Sulawesi Selatan, yang baru saja merilis single-nya, “Bukan Selembar Tissue” ini.

Suara merdu yang dimilikinya sudah menjadi anugerah dari yang Maha Kuasa. Kalau dipikir-pikir, ayah maupun ibunya taka da yang penyanyi atau musisi. Tapi sejak kecil, Selfi sudah mengenal nada, sudah bisa melantunkan kembali sebuah lagu yang ia dengar di televisi dengan tepat. “Secara professional aku menyanyi sejak SMP, usia 13 tahun, dari panggung ke panggung. Waktu itu saya sudah menyanyikan lagu dangdut dan lagu daerah. Sejak itu, memang sudah in to ke dangdut. Lebih yakin lagi pas masuk LIDA, memang jodohnya di dangdut,” ungkap Selfi.

Selfi LIDA. (Seno/tabloidbintang.com)
Selfi LIDA. (Seno/tabloidbintang.com)

Semua tak dilalui dalam semalam. Kalau hari ini, Selfi dikenal Indonesia, karena perjuangan yang panjang. “Saya ingat, sambil sekolah waktu itu, SMP, sambil nyanyi, aktif di orchestra juga. Dan setiap perjuangan itu ditemani oleh almarhum ayahku. Saya nggak boleh nyanyi, kalau nggak ditemai ayah. Saya bisa seperti sekarang karena ayah. Jadi, kayak nyesek sendiri, kalau ingat. Tapi, ya namanya manusia ya, kita nggak pernah tahu umur manusia, di tangan Allah,” ucap Selfi.

Ayahanda Selfi meninggal di usia 42 tahun pada tahu 2020 lalu, karena serangan jantung. “Saat itu, waktu dikabari, Selfi baru tiba di Jakarta, habis manggung di luar kota.” Sampai hari ini, jasa ayah, pesan ayah terpatri dalam benarknya. “Saya nggak bisa melupakan, takkan pernah lupa, bagaimana ayah menjaga dan mendidikku. Bagaimana saya harus bisa menjaga diri,” ungkap Selfi.


Penulis Vallesca Souisa
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore