Marsuki Ungkap Pentingnya Belajar Pemrograman dan SEO di Era Sekarang

Indra Kurniawan | 14 Juni 2022 | 19:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Programmer dan pakar SEO (Search Engine Optimization) Marsuki mengatakan belajar menjadi seorang programmer sangat menguntungkan di era sekarang dimana teknologi berkembang pesat. Menurutnya ada banyak manfaat yang didapat jika kita belajar pemrograman dan SEO. 

Salah satunya mampu membuat sistem sendiri dan memasarkan sendiri dengan teknik SEO. "Jika kita lihat telah banyak pendidikan belajar koding untuk anak anak, seperti les privat pemograman," kata Marsuki dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/6). 

Keuntungan lain belajar pemrograman, mampu beradaptasi dengan zaman sekarang dan bersaing di tingkat internasional dalam hal teknologi. Dia mengatakan banyak teknologi yang digunakan sekarang hasil dari karya seorang programer. 

"Saat ini banyak aplikasi di Playstore dan web. Pemrograman berbasis Web yang banyak diminati yaitu bahasa PHP, Mysql, Javascript. Kita dapat dengan mudah mempelajarinya karena banyak tutorial di internet," beri tahu Marsuki. 

Tidak kalah penting untuk optimasi situs web perlu juga mempelajari SEO sehingga aplikasi Anda mudah dicari di mesin pencari. Di dunia internet marketing, SEO banyak diminati karena bersifat gratis.

"Keuntungannya kita mampu mendapatkan pengunjung website yang telah kita bangun. Jadi jangan ragu untuk belajar dan terus semangat," ujar Marsuki.

Nama Marsuki mulai dikenal saat mengangkat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui optimalisasi situs pencarian dan membangun sistem di perusahaan ternama di indonesia.

Marsuki mengawalinya dari iseng ikut belajar coding sewaktu SMA. Sukses membuat aplikasi sendiri, tamat SMA Marsuki langsung bekerja di perusahaan luar negeri sebagai web programmer dan spesialis SEO.

Berkat ilmunya di dunia pemograman dan SEO ia dijuluki marsuki master programmer dan pakar SEO Indonesia, hingga viral di media nasional dan media sosial.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait