Mengenal Rupert Murdoch, Raja Media yang Digugat Cerai Mantan Supermodel Jerry Hall

Redaksi Minggu, 3 Juli 2022 12:00:08
Mengenal Rupert Murdoch, Raja Media yang Digugat Cerai Mantan Supermodel Jerry Hall (Twitter(

TABLOIDBINTANG.COM - Rupert Murdoch yang tengah digugat cerai mantan supermodel Jerry Hall adalah legenda hidup dalam bisnis media. Pengusaha Amerika kelahiran Australia pada 11 Maret 1931 ini memiliki bisnis media dari koran, tabloid sampai televisi. Melalui perusahaannya, News Corp, dia memiliki ratusan penerbitan lokal, nasional, dan internasional di seluruh dunia. Di Inggris dia punya The Sun and The Times, di Australia memiliki The Daily Telegraph, Herald Sun, dan The Australian, dan di Amerika Serikat Rupert Murdoch punya koran The Wall Street Journal dan New York Post, juga penerbit buku HarperCollins. Juga punya saluran televisi Sky News Australia dan Fox News (melalui Fox Corporation). Dia juga pemilik Sky (sampai 2018), 21st Century Fox (sampai tahun 2019), dan tabloid News of the World yang sekarang sudah tidak terbit lagi. Seperti dikutip dari Wikipedia, dengan kekayaan bersih 21,7 miliar dollar Amerika per 2 Maret 2022, Rupert Murdoch berada dalam peringkat orang terkaya ke-31 di Amerika Serikat dan ke-71 terkaya di dunia.

Rupert Murdoch mengambil alih pengelolaan The News, sebuah surat kabar kecil di Australia milik ayahnya pada 1952 tak lama setelah sang ayah meninggal. Pada 1950-an dan 1960-an, Murdoch mulai mengakuisisi sejumlah surat kabar di Australia dan Selandia Baru sebelum mengembangkan bisnis medianya ke Inggris Raya pada 1969, dengan mengambil alih News of the World, diikuti oleh The Sun. Rupert Murdoch pindah ke New York City, Amerika, pada 1974, untuk berekspansi ke pasar AS. Melalui induk perusahaannya, News Corporation dia mengakuisisi Twentieth Century Fox (1985), HarperCollins (1989), dan The Wall Street Journal (2007).  Pada tahun 2000, News Corporation memiliki lebih dari 800 perusahaan di lebih dari 50 negara, dengan kekayaan bersih lebih dari 5 miliar dolar Amerika.

Malang melintang di bisnis media sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh, tak selamanya citra Rupert Murdoch tanpa cela. Beberapa perusahaan media miliknya pernah dituduh melakukan tindakan tak terpuji untuk mendapatkan berita. Cerita pelecehan seksual yang dialami jurnalis wanita di stasiun TV miliknya, Fox News bahkan pernah diangkat menjadi film berjudul Bombshell (tahun 2019), dibintangi Charlize Theron, Nicole Kidman dan Margot Robbie. Kisah Rupert Murdoch juga tak selalu berisi kesuksesan. Murdoch dinilai gagal mengembangkan MySpace setelah membelinya 500 juta dolar lebih pada 2005.

Dalam kehidupan pribadi, Rupert Murdoch tercatat pernah 4 kali menikah, termasuk dengan mantan supermodel Jerry Hall yang kini tengah mengajukan gugatan cerai. Sebelum dengan Jerry Hall, Rupert Murdoch menikah dengan Patricia Booker pada tahun 1956 dan bercerai pada 1967. Pada tahun yang sama ia menikah dengan Anna Maria Torv. Mereka bercerai pada 1999. Di tahun yang sama Murdoch menikahi istri ketiganya, Wendi Deng. Mereka berpisah pada 2013. Dari pernikahannya itu Rupert Murdoch memiliki enam anak. Rupert Murdoch yang kini berusia 91 tahun menikah dengan Jerry Hall (66 tahun) pada 2016.


Penulis Redaksi
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore