Bisnis Kotak Seserahan, Sofiyah Raup Omzet 30 Juta Per Bulan

Sarah Christiani | 29 Maret 2015 | 16:17 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam menjalankan bisnis ini, Sofiyah atau Sofie sambil belajar. Apalagi semua barang yang ia jual dikerjakan secara handmade. 

"Saya banyak belajar, mulai dari memperluas pengetahuan saya tentang kerajinan tangan hingga pintar-pintar memilih bahan. Awalnya saya masih belum begitu mengerti dan berbelanja di pasar. Sementara di pasar tidak murah untuk membeli kain dan pita, baru saya tahu lebih enak beli grosir, lebih irit," ujarnya sambil tertawa. 

Kini Sofie menghasilkan omzet rata-rata 30 juta rupiah per bulan. Dari bisnis daringnya, ia sudah berhasil membuka sebuah toko di Depok. Toko perdananya ini baru ia buka Desember tahun lalu. Alasan membuka toko, lagi-lagi demi kepentingan pembeli. Sofie sadar belum semua orang melek internet. 

"Saya lihat masih jarang yang bisnis begini, di Depok sepertinya malah belum ada. Enggak semua ibu-ibu melek dunia maya, jadi saya coba buat toko. Ternyata banyak yang datang ke toko dan pesan, apalagi yang sering bolak-balik naik angkot dan lihat toko saya yang memang letaknya di pinggir jalan. Banyak pula yang lihat terus menyebarkan dari mulut ke mulut," katanya. 
    
Walaupun sudah membuka toko, Sofie setia menjalankan bisnis daringnya. Apalagi benda-benda dari kotakseserahan.com sudah dipesan oleh pembeli di seluruh Indonesia. 

"Sekarang dari seluruh Indonesia sudah pesan, kami bahkan pernah menangani pesanan dari Papua. Sudah beberapa kali pula, walaupun biaya kirimnya mahal mereka tetap mau. Mereka tahunya dari web; nama website kita memang gampang diingat dan dicari jadi mereka mudah menemukannya," ceritanya. 

Awalnya mengerjakan semuanya sendirian, Sofie kini memiliki beberapa pegawai. "Sekarang jumlah pegawai saya 2, kurir juga ada 2 untuk melayani pesanan Jabodetabek. Kami juga punya pegawai freelance sebanyak 2 orang," beri tahu Sofie. 

(Sarah/adm) 

Penulis : Sarah Christiani
Editor: Sarah Christiani
Berita Terkait