Google Mengenang Drs. Suyadi "Pak Raden", Pesohor yang Tak Pernah Punya Rumah Sendiri

AURA Senin, 28 November 2016 20:50:27
Pak Raden (Dok. Tempo)

TABLOIDBINTANG.COM - Hari ini, google doodle memperingati hari lahir Raden Suyadi Subekti Wirjokoesoemo atau yang lebih dikenal sebagai Pak Raden.

Selain dikenal sebagai pencipta serial boneka "Si Unyil", Pak Raden juga menjadi salah satu karakter antagonis dalam serial tersebut.

Berkat serial boneka yang ditayangkan di TVRI tahun 1980-an tersebut, namanya pun melambung.

Pak Raden kecil sangat gemar menggambar, setelah lulus dari sekolah menengah atas (SMA), ia meneruskan pendidikannya di Insitut Teknologi Bandung (ITB) jurusan seni rupa pada tahun 1952.

Setelah lulus, ia mengikuti program beasiswa di Paris, Perancis dari tahun 1961-1964. Di sana, ia bekerja sebagai tenaga animator di Les Cineast Associest dan pelukis animasi Les Film Martin Boschet.

Karena tidak betah, Pak Raden pun keluar dan kembali menekuni menggambar, tepatnya sebagai seorang ilustrator. Lalu, pada tahun 1980an lahirlah serial "Si Unyil". Karyanya ini berhasil mencuri perhatian anak-anak Indonesia, hingga pada puncaknya ia memperoleh hadiah dari Produksi Film Nasional (PFN) untuk ditinggali.

Meskipun berhasil mengecap popularitas, Pak Raden tetap sederhana. Bahkan menurut pernyataan sang kakak November 2015 lalu seperti dikutip dari laman Tempo, hingga akhir hayatnya Pak Raden tidak memiliki rumah. Semua hasil jerih payahnya ia abdikan untuk dunia kesenian.

Pak Raden menghembuskan napas terakhirnya dalam usia 82 tahun pada 31 Oktober 2015 lalu. Namun, tampilannya dengan busana tradisional Jawa dan kumis tebalnya akan selalu dikenang.

 

AURA.CO.ID

 


Penulis AURA
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore