Adjis Doaibu: Konsultan Komedi Pertama Di Indonesia

Wayan Diananto | 24 Januari 2017 | 19:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di jajaran stand up comedian, nama Adjis Doaibu (28) mulai melambung. Tak hanya sering muncul di layar kaca.

Adjis Doaibu telah merambah ke layar lebar. Terakhir kita melihat aktingnya di film Cek Toko Sebelah dan Jomblo Ngenes.

Rupanya, karier Adjis di dunia seni peran dimulai saat memerankan tokoh tak bernama dalam film Tak Kemal Maka Tak Sayang karya sienas Fajar Bustomi. Sebenarnya, keterlibatan Adjis di film itu bukan untuk menjadi pemain.

“Awalnya saya direkrut sebagai konsultan komedi. Ini profesi baru. Kala itu, saya mencari informasi sebenarnya apa tugas konsultan komedi. Di luar negeri, memang ada konsultan komedi tapi biasanya untuk komedi situasi,” kenang Adjis di Jakarta, pekan ini. Ternyata konsultan komedi bertugas mengemas elemen komedi dalam produksi layar lebar. Ketika menerima naskah, konsultan komedi mengolah materi lawak. Namun, ia harus fair.

“Kalau naskahnya sudah lucu ya tidak perlu memaksakan diri untuk mengutak-atik naskah biar kelihatan kerja atau memaksakan standar lucunya sendiri,” beri tahu Adjis Doaibu seraya menambahkan dalam meramu materi komedi, konsultan komedi bekerja dalam dua tahap.

Pertama, mengolah materi saat para pemain menjalani reading. Jadi begitu pemain tiba di lokasi syuting, para pemain sudah mendapat gambaran harus berlakon seperti apa di lokasi syuting.

Kedua, melakukan “touch up” di lokasi syuting. Ini dilakukan hanya jika terjadi perubahan mendadak di lokasi syuting. Misalnya, lokasi berubah, properti yang digunakan berubah, bahkan pemainnya berubah.

“Yang penting, pemain nyaman dan merasa lucu saat melakonkan adegan. Saat menerima profesi itu saya mengecek apa sebelum saya sudah ada yang menjabat konsultan komedi. Ternyata saya yang pertama. Saya bangga dan bersyukur,” pungkasnya.

 

(wyn/gur)

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait