Fatmah Bahalwan dan NCC, Berawal dari Krisis Moneter 1998

Agestia Jatilarasati Jumat, 26 Mei 2017 03:00:43
Fatmah Bahalwan dan NCC, Berawal dari Krisis Moneter 1998 (Ryan/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Buat yang gemar berselancar di dunia maya mencari resep masakan, Fatmah Bahalwan (53) barangkali bukan sosok yang asing.

Dia adalah pendiri Natural Cooking Club (NCC) yang merupakan wadah bagi yang hobi memasak.

Selama 12 tahun berdiri, NCC telah tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia dan memiliki anggota berjumlah ratusan ribu orang.

Saat krisis moneter melanda Indonesia pada 1998, Fatmah menyaksikan berita mengenai demonstrasi karyawan yang terkena PHK.

Dalam berita itu, si reporter mewawancarai seorang istri yang suaminya terkena PHK. Ketika dimintai respons soal pemecatan sang suami, ia menangis.

“Saat itu saya berpikir, ada yang salah dengan ibu ini. Kok dia percaya rezeki hanya berasal dari kantor suaminya. Saya tidak terima. Meski di dapur, seorang ibu masih bisa mendapatkan penghasilan,” kenang Fatmah yang di masa itu bekerja sebagai eksekutif sekretaris di sebuah bank swasta.

Ketika ide seorang ibu bisa menghasilkan uang di dapur di sampaikan ke teman-temannya, Fatmah malah dicemooh mereka. 

Buku Resep Masakan Karya Fatmah (Ryan/tabloidbintang.com)
Buku Resep Masakan Karya Fatmah (Ryan/tabloidbintang.com)

Walau saat itu tidak terkena PHK, bukan berarti Fatmah tidak mengalami dampak krisis moneter. Kondisi keuangannya juga memprihatinkan. Agar bisa mencukupi kebutuhan keluarga, ia mencari alternatif pengasilan.

“Sembari bekerja, saya berjualan kue di kantor. Semangat saya untuk membuktikan bahwa wanita bisa menghasilkan uang di dapur semakin membara ketika banyak orang yang menyindir saya,” bilang Fatmah. 

Suatu ketika, Fatmah ditawari menyediakan makanan untuk coffee break di kantornya sejumlah 100 porsi. Bagi Fatmah 100 porsi merupakan porsi yang sangat besar. Untuk memenuhi pesanan tersebut, ia mempekerjakan tetangganya.

Dari situ Fatmah mulai mendapatkan banyak permintaan membuat kue dan makanan lainnya. Akhir 2004, ia memutuskan berhenti dari pekerjaannya dan menekuni dunia memasak.

Lalu pada awal 2015, Fatmah mendirikan NCC sebagai wadah perkumpulan bagi ibu-ibu yang gemar memasak. 

 

(ages/gur)

 


Penulis Agestia Jatilarasati
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore