Tsamara Amany, Mahasiswi dan Politikus Muda yang Jadi Buah Bibir

Yuriantin | 14 Oktober 2017 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tahun ini, nama Tsamara Amany (21) jadi buah bibir. Diawali April lalu, ketika mahasiswi Universitas Paramadina ini bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Juli, namanya kembali mencuat kala perdebatannya dengan Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, viral. Yang terbaru awal September, publik dikejutkan beredarnya foto-foto pernikahan Tsamara pada 2015 silam. Siapa Tsamara dan seperti apa kiprahnya di dunia politik? 

Publik kali pertama kenal Tsamara lewat tulisan-tulisan politiknya sejak pemilihan umum di tahun 2014. Bertepatan dengan status mahasiswi yang baru disandangnya waktu itu, Tsamara ingin mengaktualisasikan dirinya lewat tulisan.

Wanita kelahiran 24 Juni ini hobi menulis sejak kecil. Berkat hobinya ini, Tsamara diundang bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara akhir 2015 lalu. Disusul dengan magang di Balai Kota DKI Jakarta selama 4 bulan sejak Januari 2016. Setahun setelah magang, Tsamara bergabung dan kini menjabat salah satu Ketua DPP PSI. 

Berbincang dengan Bintang, Tsamara mantap terjun ke dunia politik kala mendengar curahan hati langsung warga yang terbantu ketika ia magang di Balai Kota. Kepuasan yang tidak ia dapatkan ketika menjajal dunia bisnis. Maklum, orang tuanya pebisnis.

"SMA kelas 2, aku diajari orang tuaku turun ke jalan untuk berjualan parfum, supaya aku punya jiwa entrepreneurship," kenang mahasiswi ilmu komunikasi semester 7 ini.

Meski untung, salah seorang pendiri LSM Perempuan Politik ini merasa menjadi wiraswasta bukan panggilannya.

"Aku bilang kepada Papa dan Mama, aku tidak melihat diriku sebagai businesswoman yang sukses. Aku tidak melihat diriku akan jadi orang terkaya di Indonesia. Aku bilang kepada mereka, jiwaku ada di pengabdian untuk bantu masyarakat," ungkap Tsamara. 

Meski awalnya kedua orang tuanya berat hati, kini keduanya justru mendukung penuh. Termasuk ketika beredar isu dirinya melakukan pembohongan publik karena menyembunyikan status pernikahannya.

"Orang tuaku sadar itu risiko berpolitik, meski sempat ada kekhawatiran karena aku anak tunggal. Aku kasih penjelasan kepada mereka dan mereka kasih support dengan bilang kamu harus berani, banyak baca doa," ungkap wanita yang bercita-cita jadi Gubernur DKI Jakarta ini. 

Menanggapi beredarnya informasi tentang statusnya yang pernah menikah, Tsamara meyakinkan, ada unsur hoaks. Ia merasa tidak pernah mengisi biodata dalam akun yang diberitakan dan tidak pernah menutupi status pernah menikah. 

"Saya juga tidak merasa hal itu (status) penting untuk diumumkan kepada publik. Kalau saya punya pacar, kalau nanti saya menikah, atau misalnya saya akhirnya memutuskan berpisah, saya rasa itu tidak layak untuk diceritakan kepada publik karena tidak ada manfaatnya untuk publik," tukas wanita yang menikah pada 2015 silam dengan Muhammad Ismet Alatas dan memutuskan berpisah tahun ini. Ia hanya akan menanggapi kritik, bukan perundungan semata yang bertujuan menjatuhkan namanya. 

Meski sibuk dengan karier politiknya, ia tidak mengesampingkan hobi menonton pertandingan sepak bola yang digemarinya sejak kelas 6 SD.

"Dulu aku main bola bersama saudara-saudaraku, selalu pakai jersey Real Madrid. Sampai berkhayal ada crowd (penonton), sok-sok selebrasi," beber pencinta klub Real Madrid ini. Sepak bola jadi hasrat keduanya setelah politik. 

Diakui penulis buku Curhat Perempuan ini bukan hanya hobinya yang tidak umum bagi kaum hawa, cita-citanya saat kecil tergolong unik. Tsamara sempat ingin jadi pengacara, jaksa, atau hakim. Alasannya, ia senang melihat adu debat. Beranjak remaja, wanita keturunan Arab ini berencana menimba ilmu di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN).

"Pas SMA aku menonton serial NCIS, tentang mata-mata. Ketika mau lulus, aku bilang kepada Mama dan Papa, ingin masuk STIN. Namun tidak diperbolehkan. Sekarang setelah paham tentang dunia politik, aku merasakan kalau ingin berjuang dan membawa manfaat, ya masuklah ke dunia politik dengan segala risikonya," tutup wanita yang juga punya pemikiran untuk jadi anggota DPR atau DRPD ini. 

 

(yuri / gur)

 

Tata Rias Wajah dan Rambut: Febby Cesilia (08170992506), IG: @fe.mua

 

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait