Kahiyang Ayu - Bobby Nasution, Pernikahan yang Menjelma Menjadi Pesta Rakyat

Wayan Diananto | 18 November 2017 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kedatangan mempelai pria pagi itu sangat meriah. Kereta kencana yang membawa Bobby didahului 50 gadis yang mengenakan busana adat dari berbagai provinsi di Indonesia.

Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi (56)  ditunjuk untuk mewakili keluarga almarhum Erwin Nasution, ayah Bobby Nasution yang telah berpulang awal tahun ini. Di belakang Edy, Bobby tampak tegang. 

“Kami mengantar dan menyerahkan calon mempelai pria yang bernama Muhammad Bobby Afif Nasution, yang akan berjodoh insya Allah dengan Kahiyang Ayu, putri dari yang terhormat Ir. H. Joko Widodo dalam acara ijab kabul. Akhirnya, kami menyampaikan ucapan terima kasih atas semua kebaikan dalam penerimaan kami beserta rombongan. Dan mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada kesalahan dan kekurangan kami, yang mungkin kurang sesuai dengan adat istiadat di sini,” ucap Edy Rahmayadi kepada perwakilan keluarga Presiden Joko Widodo, Miyono, di Graha Saba Buana Solo, Rabu (8/11).

Beberapa kali ia mencoba tersenyum, menoleh ke para hadirin, serta menyeka keringat yang mengendap di pipinya. Pertemuan dua keluarga berlangsung dalam tata cara pasrah pinampi. Niat baik Edy dan keluarga Bobby disambut hangat pihak keluarga RI-1.

“Pasrah pinampi temanten kakung (mempelai pria–red.) dari Bapak saya terima dengan senang hati. Dan selanjutnya, akan diadakan ijab kabul untuk temanten sekalian yaitu Bagus Muhammad Bobby Afif Nasution dengan Roro Kahiyang Ayu, putri Ir. H. Joko Widodo sekalian. Kami merasa banyak salah dan khilaf selama menerima Bapak dan rombongan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya,” jawab Miyono, dengan wajah berseri. 

Kahiyang dan Bobby kemudian duduk menghadap meja berbentuk persegi dengan posisi bersisian. Persis di hadapan mereka, ada Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Banjarsari Surakarta, Basir, dan Presiden Joko Widodo. 

Basir dan Jokowi diapit Buya Syafii Maarif (pemimpin doa) dan Kiai Said Aqil yang menyampaikan khotbah pernikahan. Di samping Syafii, duduk saksi dan saksi pendamping dari mempelai wanita yakni Wakil Presiden RI Jusuf Kalla didampingi K.H. Ma’ruf Amin. Di samping Said, duduk saksi dan saksi pendamping dari mempelai pria, Darmin Nasution bersama Haedar Nashir. Ijab kabul Kahiyang-Bobby berjalan lancar.

Para tamu memuji Bobby yang mampu menyampaikan ijab dalam satu tarikan napas. Mahar yang diberikan Bobby berupa seperangkat alat salat dan emas seberat 80 gram dibayar tunai. Selain menyampaikan mahar, Bobby juga berjanji akan menjaga dan merawat keluarga barunya. 

Ijab kabul dan ikrar menandai status baru Kahiyang-Bobby sebagai pasangan suami istri. Setelah akad nikah, keluarga Jokowi menggelar resepsi yang terbagi dalam dua sesi, siang dan malam.

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait