Joko Anwar Tak Mengenal Kata Puas dalam Berkarya

Altov Johar | 28 November 2017 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pengabdi Setan menjadi film horor terlaris di tahun 2017. Meski begitu, Joko Anwar selaku sutradara mengaku tak pernah puas dengan hasil yang telah didapatnya.

Sikap demikian menjadi bukti Joko termasuk sineas haus akan belajar. Menurut Joko, rasa puas justru akan mematikannya secara estetika dalam membuat sebuah film.

"Aku nggak pernah puas setiap membuat kerjaan. Karena setiap aku nonton karyaku sendiri ada aja, kenapa gini ya kenapa gini ya. Kenapa nggak gini," kata Joko Anwar, di malam penghargaan Festival Film Tempo 2017, XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (27/11) malam.

Joko mengatakan, film adalah sarananya untuk belajar. Tantanganya ke depan, dia harus membuat film lebih bagus lagi dari Pengabdi Setan, yang kini sudah menembus angka 4 juta penonton.

"Kalau bikin film lagi, harus lebih baik lagi dari yang sekarang. Aku maunya Pengabdi Setan jadi film standar horor Indonesia. Jadi kalau bikin lagi harus lebih bagus lagi," kata Joko.

Bukti kesuksesan Joko Anwar meramu film Pengabdi Setan, film ini masuk 8 nominasi di 7 kategori Festival Film Tempo 2017. Joko Anwar sendiri masuk dalam jajaran kategori suradara pilihan Tempo.

(tov / gur)

 

Penulis : Altov Johar
Editor: Altov Johar
Berita Terkait