4 Fakta Unik dari Prosesi Pernikahan Kahiyang Ayu - Bobby di Medan (bagian 1)

Binsar Hutapea | 1 Desember 2017 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kemeriahan acara pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution berlanjut di Medan, Sumatera Utara.

Jumat (24/11) hingga Sabtu (25/11) diadakan acara pernikahan adat Mandailing untuk Kahiyang dan Bobby, atau yang disebut Manopot Horja. Sementara, pada Minggu (26/11) digelar resepsi pernikahan.

Seminggu sebelum resepsi, dilaksanakan acara Haroan Boru atau menyambut kedatangan pengantin wanita oleh keluarga besar Bobby.

Rabu (21/11), Kahiyang mengikuti acara pemberian marga. Lewat acara itu, ia ditabalkan menjadi boru (perempuan) Siregar.

Dari rangkaian acara adat hingga resepsi pernikahan Kahiyang dan Bobby ini, kami merangkum sejumlah fakta menarik mulai dari urusan kopi, riasan pengantin, hingga kereta kencana yang dikirim dari Jawa.

1.    Kopi Mandailing dan Markobar

Berbagai macam hidangan disajikan pada acara adat dan resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby di Medan. Untuk acara adat, hidangan yang disajikan khas Mandailing.

Sementara di resepsi pernikahan, didominasi hidangan nasional. Keluarga Bobby meminta Kopi Mandailing disajikan saat resepsi. Sedangkan Gibran Rakabuming, kakak Kahiyang, meminta Markobar (Martabak Kota Barat) dihidangkan di acara tersebut.

Penanggung Jawab Katering, Dewi Nasution menyatakan, “Untuk resepsi tanggal 26 November, Mas Gibran meminta Markobar dihidangkan. Dari keluarga Mas Bobby meminta Kopi Mandailing juga disajikan kepada para tamu,” ujarnya.

2.    Kereta Kencana dari Solo

Sebelum resepsi pernikahan dihelat, terlebih dahulu diadakan kirab budaya. Di acara ini, Kahiyang dan Bobby diarak menggunakan kereta kencana. Ada 7 kereta kencana yang dipakai dalam kirab budaya. Salah satunya, dinaiki Presiden Jokowi dan Ibu Negara.

Ketujuh kereta kencana beserta kuda dan pawangnya didatangkan langsung dari Solo. Mereka diangkut ke Medan lewat jalan darat. Kabarnya, butuh waktu empat hari agar tujuh kereta kencana itu sampai ke Medan.

bersambung...

(bin / gur)

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait