4 Fakta Unik Prosesi Pernikahan Kahiyang - Bobby di Medan (bagian 2 - habis)

Binsar Hutapea | 1 Desember 2017 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dari rangkaian acara adat hingga resepsi pernikahan Kahiyang dan Bobby di Medan 24 - 26 November 2017, kami merangkum sejumlah fakta menarik mulai dari urusan kopi, riasan pengantin, hingga kereta kencana yang dikirim dari Jawa.

3.    Busana Rancangan Penjahit Lokal, Riasan pun dari Medan

Kahiyang tak menggunakan busana rancangan desainer ternama selama mengikuti acara adat pernikahan di kampung halaman mertua. Sebaliknya, ia memilih penjahit lokal yang ada di Medan. Penjahit tersebut langganan ibunda Bobby. Soal desain baju, didiskusikan antara Kahiyang dengan mertua. Kahiyang juga menggunakan jasa penata rias lokal di acara Haroan Boru dan pemberian marga. 

Adalah penata rias Nicholas Bulbul yang dipercaya mempercantik wajah Kahiyang. Nicholas mengaku senang bisa ikut terlibat dalam rangkaian acara pernikahan Kahiyang-Bobby di Medan. “Saya bangga bisa ikut berkontribusi di acara ini,” katanya.

Nicholas dipilih untuk merias Kahiyang melalui medsos. “Ada seseorang yang melihat saya di medsos dan hasil karya saya. Lalu saya dipilih,” Nicholas menukas. 

4.    Belasan Tahap Acara Adat

Prosesi adat pernikahan Kahiyang dan Bobby terbilang panjang. Ada sekitar 15 tahap yang mereka lewati, mulai dari Manyambut Bayo Pangoli Dohot Boru Nadioli, Haroan Boru, Mangalehen Marga To Boru Nadioli, dan Manalpokkon Lahanan (menyembelih kerbau).

Lalu Manyantan Gordang Sambilan Dohot Gondang, Manortor, Mangalo-alo Mora, Manarimo Tumpak, Maralok-alok, Margalanggang, Mangulosi Bayopangoli Dohot Boru Nadioli, Tu Tapian Raya Bangunan Namartua, Mangupa Dohot Manabalkon Goar Matobang, Manortorkon Bayo Pangoli Dohot Boru Nadioli, dan terakhir Manyoda Gordang Dohot Gondang.

Acara pertama dalam tahapan ini telah dilakukan pada 19 November lalu. Sementara tahapan ke-15 dilakukan pada 25 November. Ini berarti butuh 6 hari untuk menyelesaikannya.

(bin / gur)

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait