Drama Kehamilan Shireen Sungkar dan Zaskia Adya Mecca

Wayan Diananto, Indra Kurniawan | 9 Desember 2017 | 19:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ada yang unik dalam persahabatan Shireen Sungkar (25) dan Zaskia Adya Mecca (30).

Keduanya hamil bersamaan. Shireen hamil anak ketiga, Zaskia anak keempat. Mereka mengaku kehamilan kali ini tidak direncanakan dan diwarnai drama.

Dalam wawancara empat mata dengan Bintang, Shireen menyatakan tidak mengikuti program KB. Ia dan Teuku Wisnu menerapkan metode ritme kalender untuk mencegah kehamilan.

“Saya bukan enggak mau ikut KB. Hanya masih takut. Jadwal menstruasi saya berantakan. Bisa maju, bisa mundur,” beri tahu Shireen di Jakarta, pekan lalu.

Betapa kagetnya bintang sinetron Cinta Fitri ketika Juli lalu kembali dinyatakan positif hamil. Awalnya, aktris kelahiran 28 Januari itu berpikir hanya sakit lambung biasa. Setelah menjalani pemeriksaan, dokter menyebutnya berbadan dua. Kehamilan itu disambut Shireen dengan sukacita meski ia belum selesai menyusui anak kedua, Cut Hawwa Medina Alfatih.

“Setelah hamil ini, saya setop menyusui Hawwa. Lagi pula sudah cukup 14 bulan Hawwa mendapat ASI,” Shireen menyambung.

Berbeda dengan dua kehamilan sebelumnya, kali ini tubuh Shireen sangat lemah sampai tidak bisa melakukan aktivitas di luar rumah. 

“Dua bulan pertama saya benar-benar di rumah saja. Benar-benar mager (malas bergerak). Di rumah, saya main dengan anak-anak,” ungkap dia.

Trimester pertama, Shireen mual dan muntah darah. Hal yang sama juga dialami Nyonya Hanung Bramantyo. Menurutnya, hamil di usia 30 tahun rasanya jauh berbeda jika dibandingkan di usia kepala dua.

Saat mengandung Kana Sybilla Bramantyo, Kala Madali Bramantyo, dan Bhai Kaba Bramantyo, Zaskia Adya Mecca tidak pernah mengalami kontraksi dini.

Kali ini, memasuki bulan keempat, rahimnya berkontraksi. Bia (demikian Zaskia disapa) masih menyusui Kaba. Ia berpikir kontraksi terjadi karena menyusui. Lalu Bia berhenti memberi Kaba ASI. Anehnya, ia masih merasakan kontraksi selama 4 hari.

“Kontraksi itu membuat saya enggak bisa bergerak. Mau mengubah posisi dari duduk ke berdiri tegak saja susahnya minta ampun,” Bia berbagi cerita. Penasaran, Zaskia Adya Mecca mengecek penyebab kontraksi.

“Jangan-jangan karena beberapa hari sebelumnya saya jalan-jalan ke Jatim Park, Malang. Saking antusias piknik, saya jalan kaki sampai 6 km,” bintang Ayat-ayat Cinta itu menduga.

Problem kontraksi itu menambah panjang drama yang dialami Bia selama berbadan dua. Ia ingat, trimester pertama juga mengalami mual dan muntah darah sama seperti Shireen. Dalam sehari, Bia muntah darah lima kali. Hikmahnya, drama kehamilan ini membuat persahabatan Shireen dan Bia menghangat. Keduanya saling melayangkan empati dan bertukar pengalaman.

“Apa yang saya alami tidak lebih berat daripada Shireen. Dramanya hampir sama. Muntah darah itu membuat saya (dan Shireen) deg-degan,” Zaskia Adya Mecca memaparkan.

Kami hadirkan laporan drama kehamilan Shireen-Bia serta kajian medis seputar masalah kehamilan pada dua trimester awal. 

Penulis : Wayan Diananto, Indra Kurniawan
Editor: Wayan Diananto, Indra Kurniawan
Berita Terkait