Hamil Anak Ketiga, Shireen Sungkar Muntah Darah dan Pembuluh Darah Muka Pecah

Indra Kurniawan | 9 Desember 2017 | 21:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pada kehamilan anak ketiganya ini Shireen Sungkar mengalami muntah darah.

“Saya lima kali muntah darah sehari, sampai pembuluh darah muka pecah karena dikondisikan muntah terus,” cetus dia. 

Muntah darah yang dialami Shireen Sungkar berdampak panjang.

Kali pertama muntah darah, Shireen syok. Wisnu melarikannya ke rumah sakit. Dokter merekomendasikan Shireen menjalani beberapa pemeriksaan termasuk tes darah dan endoskopi.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengonfirmasi, apakah darah yang dimuntahkan berasal dari lambung, kerongkongan, atau paru-paru.

“Setiap hamil, saya selalu mual muntah. Apalagi saya punya sakit lambung sejak dulu. Karena selama ini kurang diperhatikan, begitu hamil dan enggak ada asupan makanan yang masuk, (sakit lambung) itu menimbulkan masalah baru seperti dehidrasi, kekurangan kalsium, sampai sering muntah darah. Alhamdulillah itu semua tidak berpengaruh terhadap janin,” beri tahu bintang film Honeymoon dan Wanita Tetap Wanita.

Sepanjang trimester pertama, Shireen tidak nafsu makan. Akibatnya, ia kerap dilarikan ke rumah sakit. Momen ini membuat Shireen teringat peristiwa 4 tahun lalu, ketika ia bolak-balik ke rumah sakit akibat perdarahan. Untungnya, perdarahan itu tidak berdampak buruk kepada si kecil. 

“Kehamilan kali ini tidak ada perdarahan, tapi kondisinya lebih parah. Saya dua kali masuk rumah sakit,” aku Shireen.

Selain muntah darah, ia lebih sensitif. Kerap menangis tanpa sebab yang jelas. Kondisi ini diperburuk dengan hipersaliva (produksi air liur yang berlebih akibat pengaruh hormon estrogen—red). Ia menduga perubahan hormon dalam tubuh memicu melimpahnya produksi air liur. 

“Sekarang, saya ke mana-mana harus bawa handuk. Persediaan handuk di rumah dan di mobil banyak. Parah banget. Saya tidak khawatir karena banyak wanita hamil mengalami ini. Saat saya mengunggah status teks di Instagram soal hipersaliva, banyak warganet mengaku mengalami hal yang sama. Bahkan, banyak yang lebih parah daripada saya, hipersaliva baru berhenti sebelum persalinan,” papar Shireen Sungkar.

Kondisi Shireen Sungkar kini membaik. Ia mulai beraktivitas lagi. Pekan lalu, Shireen kembali beraksi di dapur. Sebelumnya, jangankan memasak, mencium aroma bumbu dapur saja Shireen muntah. Perlahan, Shireen mengasup berbagai menu sehat. “Alhamdulillah berat saya naik 3 kg.”

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait