Bunga Citra Lestari Jadi Juri Indonesia Idol Hanya Bermodal Pengalaman

Wayan Diananto | 17 Desember 2017 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kesibukan lain Bunga Citra Lestari sekarang menjadi juri Indonesian Idol bersama Maia Estianty, Ari Lasso, Armand Maulana, dan Judika.

Bunga sudah ditawari menjuri sejak 2013. Saat itu ia menolak dengan alasan belum yakin dan masih butuh proses.

“Masyarakat selama ini menilai jalan karier saya mudah saja. Mengantar teman audisi iklan, eh malah saya yang diterima menjadi bintang iklan, lalu main sinetron, berduet dengan Pas Band, jadi solis, dan main film. Justru kemudahan itu ujian bagi saya, karena orang sering meragukan kapasitas saya. Artinya, saya harus buktikan,” ia menukas.

Diakui Bunga Citra Lestari, dari segi teknik, vokalnya tidak sejago diva lainnya. Bunga bukan tipe penyanyi yang memiliki kemampuan vokal akrobatik saat rekaman maupun di panggung. Bukan berarti, ia tak punya ilmu untuk dibagikan kepada para calon idola.

“Suara saya lurus saja. Tapi saya punya pengalaman untuk dibagi, misalnya bagaimana memilih lagu dan membuatnya mampu mewakili perasaan banyak orang. Bagaimana mengetahui lagu mana yang bagus untuk karier ke depan. Selain itu, tip kuat mental saat dicerca atau dinyinyiri orang banyak. Saya juga memberi kiat berakting di atas panggung, memperlihatkan gestur agar lagu yang dinyanyikan makin memiliki rasa,” ungkap Bunga Citra Lestari.

Berkaca kepada kompetisi American Idol, setiap juri berkarakter kuat. Simon Cowell misalnya, dikenal lewat komentarnya yang pedas. Sementara Paula Abdul identik dengan juri berhati malaikat. Ia mengkritik dengan santun dan kerap menjadi pengacara bagi kontestan yang diserang Simon. Bagaimana dengan Bunga?

“Jujur, saya bukan juri berhati malaikat. Saya ingin menjadi juri yang apa adanya. Saya cablak, tapi tidak mau menyakiti hati siapa pun. Saya ingin jujur menyampaikan pendapat tanpa membuat mental kontestan terpuruk,” jelas Bunga.

Beberapa kali dia mengingatkan peserta, di atas panggung, apa pun bisa terjadi. Ada penonton yang saksama menyaksikan penampilan penyanyi. Ada pula yang tidak menggubris sama sekali.

“Para peserta harus siap dengan semua kemungkinan itu,” ujar Bunga. 

(wyn /gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait