Aktor Pendukung Tahun Ini: Muhammad Adhiyat (Pengabdi Setan)

Wayan Diananto | 30 Desember 2017 | 18:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Saat dikondisikan tak boleh bersuara, ia berbicara lewat ekspresi wajah dan gerakan tangan. Saat diizinkan berbicara, aktor cilik ini menjungkirbalikkan seluruh asumsi yang terbangun di benak penonton. Perubahan alur ada di tangannya, disampaikan lewat sebuah kalimat kepada kakaknya, lalu tertawa dengan eskpresi wajah yang sangat ganjil.

Ian adalah ancaman kedua setelah Mawarni Suwono yang fenomenal dalam lakon Pengabdi Setan. Dibawakan dengan sangat apik oleh aktor berusia 6 tahun, Muhammad Adhiyat. Tugas Adhiyat tidak ringan. Tak hanya menakuti penonton, Ian di tangan Muhammad Adhiyat, berhasil membuat penonton gemas bahkan tertawa.

Kita tidak akan lupa pada momen ia mengorek lubang hidung lalu mengoleskan upil di lengan kakaknya, Bondi (Nazar Anuz). Pun kita akan menengang adegan menjengkelkan saat Ian dan Bondi selesai pipis, melintasi lorong rumah yang berujung pada foto Mawarni Suwono (terpasang di dinding) mengenakan tudung. Takut melihat wajah ibu sendiri, Ian dan Bondi melemparkan kain putih untuk menutupi foto ibunya.

Tadaaaa! Kain putih yang dilempar membentuk lekuk tubuh seseorang dan berbalik mengejar keduanya. Bondi mengadu kepada kakaknya (Tara Basro) bahwa ia melihat hantu. Sementara Ian mengaku tidak melihat hantu yang dimaksud. Sampai di sini penonton tidak menaruh kecurigaan kepada Ian. Kita, justru menertawakan eskpresi polosnya.

Atas pencapaian ini, Festival Film Indonesia, Festival Film Tempo, dan Piala Maya menganugerahinya piala Pemeran Cilik Terbaik. Dan kami, memilih Ian eh, Muhammad Adhiyat sebagai Aktor Pendukung Tahun Ini. Tak terbayang apa jadinya jika bukan Muhammad Adhiyat yang menjadi Ian.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait