Aktor Tahun Ini: Reza Rahadian (Critical Eleven)

Wayan Diananto | 31 Desember 2017 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - “Reza Rahadian dalam film Everything!” seru aktor Malaysia, Chew Kin Wah saat membacakan nominasi Aktor Utama Terpilih Piala Maya 2017 di Jakarta, bulan ini. Reza Rahadian kembali dinominasikan lewat film Critical Eleven. Ndilalah, ia menang. Everything, bentuk gemas sekaligus kekaguman Chew Kin Wah atas performa Reza Rahadian yang seolah tak pernah buruk.

Performa Reza Rahadian terasa istimewa berkat caranya mengembalikan cara berakting ke level basic. Maksudnya tampil tanpa mengubah bentuk muka, bentuk badan, mengenakan rambut palsu, mengubah warna suara, atau bersembunyi di balik makeup tebal. Ajaibnya, ia bisa meyakinkan penonton bahwa yang sedang jatuh hati, menikah, lalu bertengkar hebat dengan istri itu Ale. Bukan Reza. Meski secara fisik, itu jelas Reza Rahadian yang selama ini kita kenal.

Critical Eleven dengan lapisan konflik yang menumpuk (dan ini berimbas pada panjangnya durasi) entah mengapa tak membuat kita bosan. Rahasianya, jelas terletak pada performa Reza Rahadian dan (jangan lupakan!) Adinia Wirasti yang bersenyawa dengan sangat kental. Romantisme yang mereka tawarkan tidak picisan. Pertengakaran mereka sangat beralasan. Dan cumbu rayu keduanya berkelas. Tidak “esek-esek” apalagi porno.

Apa pun yang ditampilkan Reza Rahadian di film ini punya makna dan sangat berkesan. Kami tak akan lupa bagaimana air muka Reza berubah lalu air matanya gugur saat melibat boks bayi di kamar anaknya. Untuk itu, kami memilihnya kembali menjadi Aktor Tahun Ini.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait