Nur Maliyanti, Mengajak Para Ibu Membuat Mainan Anak dari Kardus

Yuriantin | 21 Januari 2018 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di tangan Nur Maliyanti (33), kardus berubah jadi ragam mainan anak. Dari topeng-topengan sampai mainan rumah-rumahan dikreasikan wanita asal Bandung ini.

Bermula dari permintaan putra pertamanya, Akram (7), Nur kini rutin membuat mainan kardus. Lewat Instagram, Nur menginspirasi para ibu menghasilkan mainan sendiri untuk anak. Ia tak pelit berbagi keterampilannya melalui workshop.

Pada 2014 silam, Akram, yang saat itu berusia 4 tahun meminta mainan.

"Di rumah adanya kardus, jadi saya buatkan topeng Iron Man. Ternyata dia suka dan minta dibuatkan lagi. Akhirnya sampai sekarang saya ketagihan membuat mainan dari kardus," Nur bercerita pekan lalu.

Nur mulai membagikan foto-foto kreasinya di Instagram pada 2016. Atas usul sang kakak ipar, Nur melabeli dirinya sebagai Ibu Kardus. Ia juga memberi berbagai kiat untuk menggarap mainan kardus.

Salah satunya, cara memilih kardus bekas yang akan digunakan. Maklum, Nur kerap mendapat pertanyaan soal kebersihan kardus.

Melalui Instagram, Nur mengajak para ibu menciptakan mainan sendiri untuk buah hati. Ia ingin menghapus pandangan bahwa mainan itu mahal, salah satu caranya adalah berkreasi dengan kardus. Mainan kardus juga bisa dibuat orang tua bersama anak.

"Membuat mainan bisa jadi kegiatan menyenangkan ibu bersama anak. Ketika membuat mainannya sendiri, anak punya rasa memiliki terhadap mainan itu," ucap wanita yang punya lebih dari 11,5 ribu pengikut di Instagram ini.

Asal berbekal niat, Nur yakin mainan kardus tidak sulit digarap. Sarjana Desain Interior ITB ini sering mendapat pujian atas karya-karyanya.

"Ada yang bilang karya saya bagus karena saya pribadi orang (berlatar pendidikan) desain, jadi unggul dalam kerapian. Mungkin yang lain punya keterbatasan teknis tapi jangan berkecil hatilah. Yang penting itu niat. Ingat pada niat awal untuk mendukung sarana bermain anak," ungkap Nur.

(yuri / gur)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait