Ashtra Ashri Dymach Membantu Ibu Menghadapi Kehamilan dan Persalinan

Yohanes Adi Pamungkas Minggu, 28 Januari 2018 19:30:02
Ashtra Ashri Dymach Membantu Ibu Menghadapi Kehamilan dan Persalinan (Ryan / tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Birth doula bukan profesi yang familier di telinga banyak orang. Namun tidak bagi ibu hamil yang sedang mempersiapkan proses persalinan, birth doula kini sangat dibutuhkan.

Salah satu yang melakoni profesi ini adalah Ashtra Ashri Dymach (29). Banyak suka duka dialami Ashtra ketika mendampingi ibu hamil dalam mempersiapkan proses persalinan.    

Ashtra sudah satu tahun menjalankan profesi birth doula di Nujuh Bulan Studio. Di situ, ia menjadi pendamping banyak ibu hamil yang menjalankan beragam aktivitas mulai dari yoga hamil, childbirth education center, dan menjaga psikologis serta mental ibu-ibu hamil untuk menjadi pegangannya sebelum, sesaat, dan setelah melahirkan.

“Tidak semua ibu hamil harus dipaksa memakai jasa birth doula, tapi agar mental si ibu lebih siap menjelang dan saat melahirkan nanti bisa dibantu dengan bantuan birth doula,” cerita Ashtra sembari menambahkan semua metode persalinan bisa menggunakan birth doula.

Birth doula menurut Ashtra diperlukan oleh calon ibu yang membutuhkan informasi detail soal proses persalinan yang bakal dihadapi.

Ashtra Ashri Dymach Membantu Ibu Menghadapi Kehamilan dan Persalinan (dok. Pribadi)
Ashtra Ashri Dymach Membantu Ibu Menghadapi Kehamilan dan Persalinan (dok. Pribadi)

Bagaimana posisi ibu hamil saat hendak melahirkan, siapa saja orang yang boleh berada di sekeliling ibu hamil saat melahirkan, apa saja yang harus dilakukan setelah melahirkan, semua wajib dijelaskan segamblang-gamblangnya oleh birth doula.

“Selama 10 hari setelah melahirkan aku harus mendampingi si ibu menyusui bayinya. Apakah si ibu merasakan baby blues syndrome atau enggak?” kata Ashtra. 

Membimbing ibu hamil membawa kebahagiaan tersendiri bagi Ashtra. Ia berharap tetap diberikan kesempatan menjadi birth doula sampai hari tua nanti.

“Memang saat ini belum ada sensus yang menghitung jumlah birth doula di Indonesia. Cuma menurut aku, jumlahnya makin banyak seiring perkembangan media sosial,” beri tahu Ashtra.

Totalitas Ashtra menjadi birth doula tidak diragukan. Di saat hamil 5 bulan seperti sekarang saja ia tetap menjalankan profesi itu.

(han / gur)


Penulis Yohanes Adi Pamungkas
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore