Ashtra Ashri Dymach Menjadi Birth Doula karena Utang Budi

Yohanes Adi Pamungkas Minggu, 28 Januari 2018 23:59:48
Ashtra Ashri Dymach Menjadi Birth Doula karena Utang Budi (Ryan / tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Bukan tiba-tiba Ashtra Ashri Dymach menjadi birth doula. Semua berawal ketika mantan penyiar radio di Bandung dan jurnalis ini tidak mendapatkan banyak informasi seputar kehamilan ketika sedang mengandung anak pertama, Mahija Naraya. 

Sebagai calon ibu, ia seharusnya sudah menyiapkan mental untuk menyambut sang buah hati. Namun yang terjadi tak ada seorang pun yang mendampinginya selama menjalankan proses kehamilan. Termasuk orang tua suaminya. 

Informasi mengenai semua yang ia butuhkan dalam menghadapi proses persalinan justru didapat dari pendiri Yayasan Bumi Sehat di Bali bernama Robin Lim. Nama perempuan pemenang penghargaan CNN Hero of the Year tahun 2011 itu mendunia setelah mendirikan klinik bersalin tanpa memungut biaya. Di klinik itulah, Ashtra mendapatkan informasi dari Robin. 

“Bertemu dengan Ibu Robin menjadi momen penting untuk kelahiran Mahija ke dunia ini,” ucap Ashtra.

Ashtra melahirkan Mahija dengan metode water birth pada 2013 silam. Ia dibantu oleh seorang bidan dan seorang perempuan yang belakangan diketahuinya sebagai birth doula. 

“Aku awalnya enggak tahu dia siapa. Ternyata itu birth doula. Aku dipijat, diberikan semangat. Dia benar-benar melindungi dan membuat rileks psikologis aku saat melahirkan Mahija,” cerita perempuan berwajah mungil ini.

Pengalaman melahirkan anak pertama dibantu birth doula membuat Ashtra ingin membalas budi untuk membantu ibu hamil lain dengan menjadi birth doula.

Ashtra Ashri Dymach Menjadi Birth Doula karena Utang Budi (dok. Pribadi)
Ashtra Ashri Dymach Menjadi Birth Doula karena Utang Budi (dok. Pribadi)

Niat itu akhirnya terlaksana setelah putrinya genap berusia 3 tahun. Ashtra berkonsultasi dengan suaminya terlebih dulu sebelum menjadi birth doula. Setelah mengantongi izin suami, Ashtra mengikuti kelas menjadi birth doula bersama Robin Lim di Bali selama 10 hari. 

Banyak ilmu tentang birth doula yang dipelajari oleh Ashtra. Mulai dari yoga ibu hamil,  teknik persalinan yang aman, hingga cara ibu menyusui bayi. Ashtra mengajak putrinya selama menimba ilmu.

“Memang birth doula yang resmi harus ada sertifikatnya dari organisasi doula di Amerika Serikat,” papar Ashtra yang akhirnya mendapatkan sertifikat menjadi birth doula setahun silam.    

(han / gur)


Penulis Yohanes Adi Pamungkas
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore