Tanpa MSG, Irvan Wijaya Tandra Membuat Keripik Sayur Crispy Salad Tetap Gurih

Agestia Jatilarasati | 10 Februari 2018 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Irvan Wijaya Tandra (34) menghadirkan  camilan berbahan sayur yang lezat,  bernama Crispy Salad. 

Selain biaya uji coba yang cukup menguras kantong, pemilihan kemasan juga menjadi kendala  dalam membangun Crispy Salad. Lelaki kelahiran Pontianak tersebut menuturkan bahwa dirinya sampai bergonta-ganti kemasan demi meningkatkan daya tahan keripik sayur yang ia buat.

“Semua produk Crispy Salad tidak menggunakan MSG apalagi bahan pengawet. Karenanya, kemasan itulah yang membantu si keripik lebih tahan lama. Di awal-awal, saya pernah menggunakan mangkuk salad sebagai kemasan keripik, tetapi cuma tahan satu hari. Kemudian saya coba berbagai macam kemasan dan sekitar setahun kemudian saya baru menemukan kemasan plastik yang cocok karena bisa membuat keripiknya tahan selama 3 bulan setelah diproduksi,” terangnya.

Meski tidak menggunakan monosodium glutamat, rasa dari keripik sayur buatan Irvan terasa gurih. Hal ini dikarenakan Irvan menambahkan garam Himalaya dan bubuk cabai sebagai penambah rasa.  

Garam Himalaya dipilih Irvan karena tinggi mineral dan rendah natrium. Sedangkan bagi penggemar pedas, bisa juga ditambahkan bubuk cabai yang dikemas terpisah.

Inovasi tersebut ternyata mampu membuat masyarakat menggandrungi keripik sayur buatannya. Dalam satu hari, Irvan dibantu dengan lima orang karyawannya membuat sekitar 150 kemasan. Bahkan Irvan mengatakan, angka permintaan yang ia terima kini lebih besar dari pada jumlah produksinya.

Maklum saja, Irvan kini harus memasok Crispy Salad pada beberapa pengecer atau distributor di Jakarta dan marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Belum lagi pemesanan via instagram @crispy_salad, diakui Irvan menjadi salah satu strategi pemasaran utama.

(ages / gur)

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait