Duta Sheila on 7: Enam Bulan Berjuang Melawan Penyakit Tuberkulosis

Yohanes Adi Pamungkas | 11 Februari 2018 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dua puluh dua tahun sudah Akhdiyat Duta Modjo (37) atau akrab disapa Duta menjadi vokalis grup musik Sheila on 7.

Selama itu pula ia mengalami pasang surut dalam perjalanan kariernya. Salah satunya saat dirinya menderita penyakit tuberkulosis (TB) yang menyerang pita suara hingga suaranya hilang. Apa penyebabnya? Bagaimana cara Duta bangkit kembali?

Bertahun-tahun Duta menjaga kualitas suara. Sebagai vokalis, ia sadar suara modal utamanya dalam menghibur Sheilagank (sebutan untuk penggemar Sheila on 7).

Namun siapa sangka, Duta rupanya sempat kehilangan suara hingga mengancam kelangsungan kariernya. Peristiwa tersebut menurut penuturan Duta terjadi tujuh tahun silam, setelah Sheila on 7 merampungkan album kesembilan, Berlayar.  

“Ada gangguan di bagian paru-paru lalu saya periksa ke dokter dan saya divonis sakit TB karena faktor kebersihan,” cerita Duta, singkat.

Tak hanya menginvasi paru-paru, TB yang diderita membuat pita suaranya ikut terganggu.

“Hati saya langsung lemas tapi dokter mencoba menguatkan hati saya. Dia bilang, TB bisa diobati selama 6 bulan, asalkan saya teratur mengonsumi obat dan menjaga kebersihan,” Duta mengingat pesan sang dokter.

Bermacam upaya dilakukan Duta agar paru-paru dan pita suaranya bisa kembali membaik sehingga dapat bernyanyi lagi dengan prima. Selama enam bulan Duta teratur minum obat sekaligus melakukan rawat jalan.

“Dokter bilang, sakit saya bisa sembuh. Kalau obatnya enggak diminum dengan teratur, saya harus mengulang minum obat dari awal lagi sehingga waktu untuk sembuhnya akan lebih lama,” beri tahu Duta.

Upaya lain, Duta mensterilkan barang-barang yang ada di rumah.

“Barang-barang seperti sendok, piring, gelas ada khusus untuk saya, enggak boleh dicampur dengan istri dan anak saya,” kata Duta.

Agar tidak tertular TB, istri, Adelia Lontoh (34), dan dua anaknya, Aishameglio Duta Chiara (13) dan Bima Al Ayman Modjo (12), sempat diperiksa dokter.

“Istri dan anak-anak saya tidak tertular,” tegas Duta.

Sakit, aktivitas bermusik Duta tidak terhenti. Ia berusaha tetap melakukan latihan bersama para personel Sheila on 7 lainnya: Eross (gitar), Adam (bas), dan Brian (drum). Ia bahkan sempat tampil di salah satu stasiun televisi.

“Kami berlima sudah sepakat kalau memang penampilan saya kurang maksimal, berarti ditanggung berlima, bukan hanya saya, karena kami Sheila on 7. Senang sekali saya mendapat banyak dukungan dari teman-teman saya,” ujar Duta. 

(han / gur)

Penulis : Yohanes Adi Pamungkas
Editor: Yohanes Adi Pamungkas
Berita Terkait