Geluti MMA, Ini Makanan yang Dipantang Randy Pangalila

TEMPO | 15 Februari 2018 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Randy Pangalila selalu menjaga pola makan. Terlebih setelah ia terjun di ajang tarung bebas (MMA). “Gue mengutamakan pola makan, yang selalu gue jaga. Gue tidak makan nasi dan mie sudah enam tahun,” ujarnya, saat dihubungi, Senin, 12 Februari 2018.

Randy Pangalila baru saja menjadi perhatian setelah mampu mengalahkan lawannya, Fajar Ibel, dalam 39 detik kala tampil dalam "Celebrity Match di One Pride Mixed Martial Arts Fight Night 16, Sabtu, 10 Februari 2018.

Randy Pangalila mengatakan pola makan lebih ia ketatkan sebelum bertanding. Selain nasi, dia juga mengurangi makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat yang tinggi. Substitusi asupan karbohidratnya pun juga bukan dari kentang atau mie, tapi dari buah, sayur atau oats. Menurut Randy, setiap buah itu mengandung karbohidrat. “Meski tidak sebanyak pada nasi atau kentang."

Dalam menerapkan pola diet, vagi Randy, yang terpenting itu mengurangi asupan karbohidrat. “Hindari juga mengonsumsi sesuatu yang menambah lemak. Kurangi goreng-gorengan,” kata Randy Pangalila.

Lebih lanjut, Randy Pangalila menuturkan lebih baik mengonsumsi makanan yang menambah tenaga. Ia juga memperbanyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan protein. Roti gandum, pisang, apel, dan oats adalah pilihan makanan yang Randy konsumsi dalam pola dietnya. “Perbanyak serat untuk melancarkan pencernaan dan perbanyak protein untuk sumber tenaga.”

Namun, untuk pola asupan ketika akan bertanding, kata Randy, ia menghindari protein. "Proses cerna di perut memakan waktu yang lama.”

Selanjutnya, Randy berujar, dalam pertandingan MMA contohnya, baru naik stage pasti ada rasa gugup. “Itu kadang (faktor hormon mempengaruhi proses cerna) yang picu rasa mual bahkan muntah."

Untuk bisa menerapkan pola diet ini, Randy Pangalila mengaku tidak ada orang yang khusus mengingatkannya untuk pola makan. “Spesialisnya, ya otak gue sendiri,” tutur dia.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait