Marshanda Mengajarkan Putrinya Makan Sendiri Sejak Usia 9 Bulan

Vallesca Souisa | 27 Februari 2018 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Marshanda (28) cukup perhatian soal pola makan anak. Pemeran Yuni, si pelakor, di sinetron Orang Ketiga (SCTV) ini menerapkan Baby Led Weaning atau BLW pada putrinya Sienna Ameerah Kasyafani (5), sejak Sienna masih berusia 9 bulan. “Jadi Sienna saya biasakan makan sendiri dari dia berusia 9 bulan,” ujar Marshanda saat kami temui di sela-sela syuting Orang Ketiga di Cibubur, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

Baby Led Weaning, adalah metode pemberian MPASI yang membiarkan anak menyuapi dirinya sendiri ketika ia mulai belajar makan di usia 6 bulan. Metode ini menekankan pada kemampuan anak untuk mengunyah makanan yang agak padat. Memang risikonya, makanan akan berantakan ke mana-mana, meja makan bahkan lantai jadi kotor. Ibu pun harus konsisten dan punya waktu luang untuk mendampingi anak.

“Waktu Sienna masih bayi itu kan saya enggak kerja (syuting). Saya full mengurus Sienna, jadi saya jalankan semuanya sendiri. Saya pertama-tama membaca bukunya, mengikuti instruksinya, dan menerapkannya langsung ke Sienna. Cara ini bagus untuk perkembangan motorik anak. Karena kan dia memegang makanan langsung. Pertama-tama dia makan pakai tangan, baru nanti lama-lama memakai sendok dan garpu. Ini sudah bisa dilakukan sejak anak berusia 6 bulan sebenarnya,” papar Marshanda.

Marshanda terus melatih Sienna makan sendiri hingga dia berusia 2 tahun. Makanan yang dihidangkan untuk Sienna pun rata-rata sayur-sayuran. Metode ini harus dilakukan secara konsisten. Bila sehari saja anak disuapi, maka anak akan kembali pada pola makan disuapi itu. “Nah, sayangnya, sekarang ini kan dia sudah enggak tinggal sama saya sehari-hari. Kadang sama ayahnya, baru kadang sama saya. Jadi dia balik lagi deh, makan disuapi,” bilang Marshanda yang bercerai dari Ben Kasyafani 4 tahun lalu.

(val/val)

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait