Anak Tak Mau Menyusui Langsung dari Payudara, Joanna Alexandra Merasa Tertolak

Agestia Jatilarasati | 11 Maret 2018 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Joanna Alexandra teringat, masa awal Zio berkumpul di tengah keluarganya berat dilaluinya. Terutama karena si bungsu Zio tidak bisa menyusu padanya. 

“Awalnya dia minum ASI dari selang. Namun karena sering terapi, kini keadaan Zio membaik. Meski sampai sekarang masih pakai NGT, dia sudah bisa makan dengan sendok atau minum dengan botol susu,” sambung Joanna.

“Ketika Zio boleh dibawa pulang dari rumah sakit, saya sudah bersemangat banget untuk menyusuinya. Namun ketika saya mau susui, dia malah menangis. Ketika saya kasih botol susu, dia langsung bersemangat menerimanya. Saat itu saya merasa tertolak,” kenang dia.

Bentuk rahang bawah Zio yang terlalu kecil dan mundur yang tidak memungkinkannya menyusu langsung. Untuk menyusu, bayi harus memiliki struktur rahang yang sempurna agar pelekatan mulut dengan puting payudara ibu pun sempurna.

“Dua bulan pertama itu saat-saat yang menegangkan. Saya masih meraba-raba semuanya: tentang kondisi Zio, tentang apa yang harus saya lakukan. Beberapa kali menangis, stres juga. Namun saya enggak mau sedih berlarut-larut, karena mood seorang ibu pasti dirasakan juga anak-anaknya. Saya enggak mau kalau saya stres mengurus Zio, abang-abangnya merasa ditelantarkan,” tutur Joanna panjang. 

(ages / gur)

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait