Ika Natassa, Bankir yang Merilis 9 Novel Laris

Yuriantin Minggu, 11 Maret 2018 11:00:39
Ika Natassa, Bankir yang Merilis 9 Novel Laris (dok. Pribadi)

TABLOIDBINTANG.COM - Di toko buku, novel-novelnya berbaris di jajaran buku terlaris. Satu di antaranya, Critical Eleven, sudah diangkat ke layar lebar tahun lalu dan Antologi Rasa jadi novel berikutnya yang akan difilmkan.

Menikmati proses menulis dan mulai membuat vlog di YouTube Februari lalu, Ika Natassa sehari-hari tetap menjalankan pekerjaannya sebagai bankir salah satu bank ternama di Indonesia. 

Untuk konten vlognya, Ika memulai dari pertanyaan yang paling sering diajukan kepadanya: cara menyeimbangkan profesi bankir dan penulis. Menurut Ika, tak ada trik khusus. Cukup membagi waktu semampunya. Wanita yang menerbitkan novel pertamanya 11 tahun silam ini menulis ketika punya waktu senggang. 

"Aku menulis sesuka dan sesempatku saja. Kadang hanya dapat 1-2 paragraf sehari juga sudah bahagia," ujar wanita yang berulang tahun setiap 25 Desember ini. Kuncinya, yakin kita bisa mengejar lebih dari satu hasrat.

"Ketika kamu sungguh-sungguh mencintai suatu hal, kamu akan punya waktu dan tenaga untuk melakukan hal itu. Saya yakin, kamu juga bisa melakukannya," pesan Ika dalam bahasa Inggris lewat salah satu vlognya. 

Wanita yang telah menjadi bankir selama 16 tahun ini juga berbagi kiat menulis lewat vlog. Anjuran Ika adalah mulai dengan menulis topik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, agar mudah menyentuh pembaca. Vlog Ika menuai pujian. Beberapa penonton berterima kasih kepadanya karena telah memberi inspirasi.

"Kalau dianggap menginspirasi, alhamdulillah, demikian pula jika dianggap bisa jadi sumber pengetahuan baru," respons Ika, yang berdomisili di Medan, menanggapi komentar positif tentang vlognya. 

Ika Natassa, Bankir yang Merilis 9 Novel Laris (dok. Pribadi)
Ika Natassa, Bankir yang Merilis 9 Novel Laris (dok. Pribadi)

Tahun ini, rencananya Ika akan menggelar workshop menulis gratis di beberapa institusi yang menjadi nasabah bank tempatnya bekerja. Kolaborasi ini bukti, kedua hasratnya bisa saling mendukung. Kendati terkadang Ika harus membuat keputusan sulit agar kehidupan kariernya tetap seimbang. 

"Aku pernah menolak menjadi pembicara di London Book Fair dan Singapore Writers Festival karena hari cutiku terbatas," cerita penggemar novel Dewi "Dee" Lestari (42) ini.

Namun Ika bersyukur bisa jadi pembicara di salah satu markas Twitter di New York, AS, dan menghadiri Frankfurt Book Fair di Jerman berkat izin cuti dari kantornya. 

Ika Natassa telah merilis 9 novel termasuk yang terbaru Susah Sinyal—diadaptasi dari skenario film berjudul sama—yang ditulis bareng Ernest Prakasa (36). 

(yuri / gur)


Penulis Yuriantin
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore