Fransiscus Ricky - Bunga Deviani Mengecap Manisnya Bisnis Pisang Beku Frozbanana

Agestia Jatilarasati | 22 April 2018 | 02:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Fransiscus Ricky - Bunga Deviani ingin mengembangkan Frozbanana agar lebih besar. Namun lagi-lagi mereka terkendala modal. 

“Kami akhirnya memilih masuk ke ranah waralaba pada pertengahan 2015 untuk mendapatkan modal. Meski kami akui sangat sulit menerapkan sistem ini—awalnya manajemen waralaba kami berantakan banget,” Ricky mengakui.

Selain itu, ada pula beberapa mitra waralaba yang tidak mengikuti sistem mereka.

“Beberapa mitra tidak mau mengikuti saran kami dan akhirnya gagallah bisnis mereka. Kenapa? Karena mereka cuma mau investasi tetapi tidak mau mengontrol bisnis. Kalau begitu, bagaimana bisa maju? Kami selalu kasih saran bagi para mitra, paling tidak dua bulan ikut berjualan langsung. Biar mereka tahu, alur penjualan seperti apa, promosi bagaimana, animo masyarakat bagaimana. Jadi bisnis bisa maju,” tukas Ricky.

Meski menghadapi sejumlah kendala mereka tidak menyerah, hingga berhasil menjalankan sistem waralaba itu. Total Frozbanana telah memiliki sekitar 40 mitra yang tersebar dari Jabodetabek, Makassar, hingga Sorong, Papua.

Sistem waralaba ini salah satu strategi pemasaran yang menguntungkan. Omzet Frozbanana saat ini kabarnya sudah mencapai ratusan juta rupiah. Ketika dikonfirmasi, Ricky hanya tersenyum dan menjawab, “Saya tidak bisa menyebut angka pasti.” 

Ia dan Devi sangat bersyukur telah berhasil sejauh ini, mengingat Frozbanana bukanlah usaha pertama yang mereka kelola.

“Dari dulu aku punya banyak ide bisnis yang kemudian aku jalankan, seperti bisnis kalung choker, puding, sampai yang terakhir Frozbanana ini. Cuma aku ini tipe orang yang cuma bisa membuat bisnis, tetapi manajemennya berantakan. Untungnya Ricky ini pintar dalam urusan manajemen bisnis, jadi kalau enggak ada dia mungkin enggak akan bisa seperti sekarang,” puji Devi. 

(ages / gur)

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait