Populer Sebagai Mantan Penyanyi Cilik, Chicha Koeswoyo Kini Ungkap Fakta Ini

Abdul Rahman Syaukani | 30 April 2018 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Chicha Koeswoyo termasuk penyanyi yang sangat populer di era 70-an dan 80-an berkat lagu Helli, lagu anak-anak yang dikenal luas hingga generasi sekarang. Namun di balik kesuksesannya sebagai seorang penyanyi, Chicha Koeswoyo sempat mendapat pertentangan keras untuk menjadi penyanyi dari orang tuanya.

Keluarga Chicha Koeswoyo beranggapan menjadi penyanyi tidak akan membuat orang menjadi kaya dan sejahtera. "Tahun 74- 75 aku memulai karier. Aku bilang pengin nyanyi tapi tak disetujui, katanya mau jadi kere? Tapi aku ngotot aja pengin nyanyi," kenang Chicha Koeswoyo yang sempat ditentang orang tua, saat menjalani sesi pemotretan di kantor Tabloidbintang.com, Jumat (27/4).

Pemilik nama asli Mirza Riadiani Kesuma membuktikan keseriusannya untuk menjadi penyanyi. Dia pun mendapat tawaran sebuah iklan di tahun 1974 dan diminta untuk menyanyikan potongan lagu. Siapa sangka suara Chicha Koeswoyo ternyata bagus dan mengundang decak kagum para musisi kala itu.

"Awalnya dari syuting iklan, dan aku ambil reff nya. Ternyata semua melihat itu. Wah, ada bakat, ya sudah mulai dibikinin lah satu album Helli itu tahun 75. Saat itu aku baru berumur 7 tahun," tutur Chicha Koeswooyo.

Ayahnya, Nomo Koeswoyo, membantu proses rekaman di studio hingga proses pemasarannya. Sementara sang ibunda membantu Chicha dalam hal kostum tiap kali perform.

"Papa yang urusin dapur rekaman, marketing strategi,mama yang urusin kostum aku. Show kemana-mana Mama enggak lupa bawain aku buku. Apapun boleh saja dikerjain tapi belajar tetap jadi prioritas. Ibu aku di keluarganya memang sekolahnya cukup tinggi," papar Chicha Koeswoyo.

Semasa menjadi artis cilik, sejumlah lagu hits berhasil dicetak Chicha Koewoyo. Diantaranya lagu berjudul Helli, Berbaris, Senam Pagi, Taman Mini Indonesia Indah, Kota Jakarta, Bersinar Matahari dan yang lainnya.

Chicha Koeswoyo juga tetap menekuni dunia tarik suara setelah menjadi remaja. Beberapa lagu di masa remajanya yang populer pada jaman itu adalah Rinduku, Gejolak Kaula Muda dan Idola Remaja.

"Waktu remaja  aku ada album sama Chandra Darusman. Kemarin sempat reunian di Empirika gitu," ucapnya.

Setelah bertahun-tahun berkarier di dunia hiburan, Chicha Koeswoyo sempat marasakan jenuh dengan dunia yang sudah membesarkan namanya. Akhirnya dia memutuskan untuk mundur dari dunia hiburan.

"Hampir 30 tahun saya menghilang. Saya sudah ah capek, karena enggak tahu lagi mau ngapain. Buat aku cukup menjenuhkan ya (menyanyi) pada saat itu. Boleh enggak saya pengin istirahat, pengin jadi Mirza Riadiani, capek bawa nama Chicha. Di situ aku sudah kenal sama bapaknya anak-anak, tahun 1998 saya menikah," bebernya.

Sekitar 2016 silam Chicha Koeswoyo comeback ke dunia hiburan dengan meluncurkan lagu berjudul Look at Me. "Rudi bassis Emerald bicara ke saya mau enggak nyanyi lagi,kalau enggak juga enggak apa-apa. Jadilah lagu Look at Me di tahun 2016. Video klipnya sih baru Mei tahun lalu gitu," tuturnya.

(man / wida)

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait