Penjual Mukena Raih Penghargaaan Super Livestreamer UMKM dari Shopee Award 2023

Siti Adisya Kirana | 19 Februari 2024 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Triana Saptiaji, pemilik brand Azella Collections yang mendirikan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mendapatkan penghargaan Shopee Super Awards 2023 untuk kategori Super Livestreamer UMKM. Shopee memberikan Shopee Super Award 2023 kepada beberapa penjual UMKM yang telah meningkatkan ekosistem e-commerce Indonesia.

Triana terpilih karena berhasil menjual ribuan produk dalam satu hari melalui fitur live streaming.

Triana mengangkap pada kesempatan itu bahwa kehadiran teknologi digital membuatnya lebih mudah menjalankan bisnis mukena, karena menjadi pengusaha konveksi tidak mudah jika dijalankan secara offline.

Menurutnya, perusahaan memiliki perputaran modal yang cukup lama karena banyak pelanggan membayar dalam waktu yang lama.

"Saya sudah memakai Shopee dari tahun 2015, tapi waktu itu cuma untuk belanja saja, dan waktu itu saya masih mempunyai bisnis online konveksi. Istri saya bilang, jaman semakin canggih, semakin modern jadi serba digital, jadi saya harus bisa melangkah ke depan. Selain itu, sebagai UMKM kecil kita butuh yang bisa perputaran modalnya bisa cepat, dan akhirnya saya buka Azella Collections di Shopee. Alhamdulillah, bersyukur banget ambil keputusan itu," ucap Triana.

Triana mengatakan bahwa untuk menjalankan bisnis itu adalah hal yang tidak selalu menyenangkan. Ia merasakan pernah berada di posisi bawah untuk menjalankan sebuah bisnis konveksinya.

Menurutnya, hal itulah yang membuat para pelaku usaha harus terus berinovasi agar perusahaan mereka dapat berkembang. Dia mencontohkan penggunaan layanan digital sebagai salah satu inovasi dan perubahan yang dilakukan.

Dia berusaha mengembangkan bisnisnya di era pandemi COVID-19 dengan menggunakan fitur live streaming Shopee. Karena adaptasi tersebut, Azella Collections dapat menjual hingga 1.500 barang, terutama selama harbolnas dan  tanggal kembar.

"Namanya era digital, kita sebagai pelaku UMKM mau gak mau harus belajar biar bisa berkembang. Akhirnya saya pelajari itu fitur-fitur di Shopee termasuk live streaming. Sehari bisa live sampai 7 sesi. Alhamdulillah bisa tembus ratusan juta dalam sehari waktu 12.12," ucapnya.

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Supriyanto
Berita Terkait