MJS, Warung dengan Suasana Jawa Kental Pengobat Rindu Kampung Halaman

Supriyanto | 12 April 2024 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mudik adalah tradisi perpindahan masyarakat dari kota atau tempat kerja mereka ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri atau Lebaran. Namun, bagi Anda yang tidak sempat mudik karena ada pekerjaan yang tak bisa ditinggalkan saat libur Lebaran, mungkin kulineran bisa mengobati kerinduan kampung halaman.

Untuk Anda orang Jawa yang merantau di Jakarta, ada tempat makan atau restoran yang memiliki cita rasa dan atmosfer seperti di Jawa Tengah. 

Jadi, di tengah kesibukan yang kadang membuat Anda tak bisa pulang kampung, Anda masih bisa mengobati kerinduan akan masakan khas Jawa dengan berkunjung ke restoran MJS yang berlokasi di Jl. Setia Budi Tengah No.11, RW.1, Kuningan, Setia Budi, Jakarta Selatan.

Awalnya restoran berkonsep Jawa Tengah ini bernama Mbah Jingkrak Setiabudi (MJS) yang mulai dibuka pada Desember 2009. Kemudian di awal 2017, berubah menjadi MJS (Masakan Jawa Setiabudi).

Salah satu menu andalah MJS yakni Ayam Setan

Konsep Warung MJS mengangkat interior khas Jawa dan tentunya membawa suasana Jawa ke dalam restoran. Di setiap sudut rumah makan ini, Anda akan menemukan benda-benda koleksi kuno yang memorable, mengingatkan pelanggan sedang berada di tanah Jawa.

"Kita memberikan ambience buat perantau di Jakarta, yang homesick kita akomodir di sini, rindu kampung halaman, rindu masakan orang tua, kami hadirkan. MJS bisa menjadi pilhan untuk mengobati kangen kampung halaman," kata pria sebagai manajer store.

Saat pertama masuk, pelanggan akan disambut oleh tuan rumah dengan salam hangat. Disediakan juga welcome drink berupa minuman rempah menyehatkan.

Melangkah ke area dalam, terdengar suara petikan sitar diiringi gamelan dengan tembang-tembang jawa yang dibawakan oleh sinden. Mereka membawakan tembang-tembang Jawa secara live yang terlihat jelas oleh pengunjung.

Tidak hanya barang koleksi dari Jawa, benda dari berbagai daerah di Indonesia juga dipajang di dinding. Benda-benda tersebut dipampang selaras dengan bentuk bangunannya yang juga tradisional.

Untuk Anda yang membawa keluarga, MJS dipastikan aman dan nyaman untuk anak-anak. Restoran ini juga memberikan pilihan duduk di gazebo yang terletak di halaman belakang dipenuhi pepohonan sehingga membuat suasanya menjadi lebih sejuk.

Sedangkan untuk penyajian makanannya juga unik. Cita rasa menu sajiannya terkenal bercita rasa autentik yang seketika bikin nostalgia. 

Tidak hanya menyuguhkan menu andalan masakan khas Jawa bercita rasa manis, di MJS juga terdapat masakan Jawa dengan sensasi rasa pedas menggigit.

Miss Bintang mencicipi makanan khas Jawa Tengah yang dihidangkan di MJS

Melongok daftar hidangan, terdapat nama-nama menu mistis seperti Ayam Rambut Setan, Ayam Gondol Wewe, atau Oseng Kikil Mercon.

"Saat pandemi semua bisnis F & B kan terkena dampak. Alhamdulillah, kita salah satu outlet yang recoverynya cepat," ucap manajer.

"Kita punya lima komplimen yang membedakan dari restoran Jawa lain di Jakarta. Ada free valle, greeting, jamu welcome drink, makan sepuasnya hidangan yang ada dimeja, ada gratis pisang, free rokok klobot di area tertentu," jelas manajer.

Warung MJS buka setiap Senin-Jumat pukul 10.00-23.00 WIB, sedangkan Sabtu-Minggu buka pukul 09.00-23.00 WIB.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait