Es Kuwut dari S’Kuwud Bercita Rasa Segar Otentik

Supriyanto | 21 Mei 2024 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pandemi covid-19 membuat kehidupan sebagian orang berubah. Meski demikian, tak sedikit orang mengambil hikmah dan berupaya bangkit dari keterpurukan yang disebabkan oleh pandemi.

Seperti yang dialami pasangan muda,  'couplepreneur' Rama Pamungkas dan Nurzahara Amalia yang pada akhir 2021 memutuskan berjualan untuk bertahan di tengah hantaman ekonomi akibat pandemi.

Couplepreneur itu membuka usaha dengan berjualan minuman khas Bali, bernama 'S’Kuwud Indonesia'. Nurzahara Amalia menerangkan, ide usaha itu berawal dari kesukaannya pada minuman es kuwut. 

“Saya suka es kuwut karena rasanya seger banget. Es kuwut yang saya suka itu yang nggak dicampur sirup," buka Zahara saat ditemui di outlet S’Kuwud, di Jl. Karya Utama, Gandaria Utara, Jakarta Selatan. 

S’Kuwud menyediakan ragam produk minuman segar berbahan dasar kelapa muda. Produk unggulannya Es Kuwut atau es kelapa khas Bali. 

Es kuwut dari S’Kuwud punya cita rasa otentik, perpaduan kelapa muda murni, lemon lokal,  tanpa tambahan air dan sirup pewarna. Ia dan suami memodifikasi minuman dengan memberi topping berbagai buah-buahan seperti nanas madu, buah naga, mangga dan melon.

Nurzahara Amalia, CEO S'Kuwud Indonesia

“Es kuwut kami beda rasanya, paduan asam manis segarnya nge-blend. Paling best seller es kuwut nanas madu,” terang perempuan lulusan S2 Komunikasi ini.

Saat ini Zahara dan Rama sudah memiliki dua outlet di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Zahara mengaku, menjalani usaha minuman S’Kuwud punya tantangan tersendiri. 

“Saya dan suami bener-bener learning by doing ngejalanin usaha, karena kami berdua kan bukan lulusan pendidikan bidang bisnis ya. Untuk itu kami belajar otodidak dari webinar ke webinar, pelatihan-pelatihan UMKM, sering dengerin podcast seputar bisnis,” papar Zahara 

Untuk memasarkan produknya, Zahara aktif membuat konten di sosial media, ikut bazar, mengadakan promo, dan berjualan secara online. 

“Alhamdulillah customer kami bukan hanya dari yang datang ke outlet, sering juga dapat pesanan dari instansi pemerintahan, perusahaan, atau acara-acara keluarga,” terang ibu dua anak ini.

Es Kuwut dari S’Kuwud Bercita Rasa Segar Otentik

Saat ini S’Kuwud punya 17 produk minuman. Zahara menjelaskan, ia dan suami terus berinovasi menghadirkan produk minuman segar berbahan dasar alami yang menjadi kekhasan S’Kuwud. 

“Sebagian besar produk minuman kami berbahan fresh dan alami, tanpa pemanis buatan. Dan Alhamdulillah sudah mengantongi sertifikat Halal,” katanya. 

Ia berharap, kedepan S’Kuwud bisa terus berkembang dan memiliki penambahan outlet.

“Semoga S’Kuwud bisa nambah outlet lagi. Saya ingin S’Kuwud bisa memberi manfaat baik dari produk-produknya, maupun kehadirannya bisa membantu banyak orang dengan membuka peluang kerja,” harap Zahara.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait