Tips Memilih Rumah Idaman Sesuai Budget

Redaksi Sabtu, 24 Oktober 2020 00:00:08
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak orang menyebut kalau memiliki rumah pribadi di masa sekarang ini tergolong susah. Gaya hidup dan pengeluaran yang tak perlu menjadi salah satu hambatan untuk membangun atau membeli rumah sendiri.

Perjalanan mewujudkan rumah idaman menguras banyak waktu dan energi, karenanya berbagai tip untuk mendapatkan rumah yang ideal sangat diperlukan. Berikut tipsnya :

1. Mulai riset lebih awal

Sedini mungkin, coba cari referensi dengan membaca banyak situs, koran, majalah, dan sumber pendukung lainnya. Buat catatan dari jenis rumah yang diminati dan informasi perkiraan rumah tersebut beredar di pasaran. Jangan lupa lihat pasaran harga rumah di area yang diinginkan.

2. Tentukan bujet untuk membeli rumah

Penyedia kredit perumahan umumnya menyarankan pada peminjam untuk memilih rumah dengan harga 3-5 kali pendapatan tahunan, jika ingin membeli rumah dengan DP 20 persen. Jadi, sesuaikan besaran pinjaman atau harga rumah dengan jumlah tanggungan atau hutang yang sedang berjalan. Jangan sampai cicilan rumah semakin memberatkan kondisi ekonomi nantinya.

3. Temukan agen properti yang tepat

Memilih agen properti sangat penting dalam perjalanan memiliki rumah idaman. Agen yang tepat mampu memberikan banyak informasi berharga yang sulit diakses publik seputar rumah dan area sekitarnya.

4. Pilih tengah kota atau pinggiran?

Lokasi rumah sangat berpengaruh pada harga dan fasilitas publik sekitarnya. Saat ini, rumah dengan lokasi di tengah Jakarta misalnya, harga yang ditawarkan sudah pasti melambung jauh. Namun, hal ini sepadan dengan fasilitas publik yang ada di sekitar rumah, mulai dari pusat perbelanjaan, akses transportasi umum, sampai fasilitas kesehatan.

Rumah berlokasi di pinggiran kota juga mulai dilirik, hal ini bisa dilihat dari banyaknya iklan perumahan yang ramai peminat, misalnya jika berminat membeli properti second di daerah seperti Depok. Ada banyak perumahan baru yang mulai dikembangkan dan ditawarkan dengan harga yang beragam.

5. Beli tanah atau rumah?

Selain pertimbangan bujet, memilih antara membeli tanah atau rumah juga membutuhkan pertimbangan pengurusan perizinan. Membeli tanah untuk nanti dibangun rumah sendiri, kamu butuh mengurus izin pembangunan sendiri dan kemungkinan tanpa bantuan penjual.

Sementara, jika membeli rumah jadi, pengurusan perizinan telah dituntaskan oleh agen properti. Meski begitu, salah satu kekurangan membeli rumah jadi adalah desainnya tidak bisa persis dengan yang diinginkan. Agar tidak terlalu menyesal, coba amati brosur rumah dijual dengan jeli dan pelajari desainnya untuk memilih yang terbaik.

Setelah rumah impian sudah berhasil diwujudkan, jangan lupa untuk melengkapinya dengan furnitur terbaik. Sebagai pilihan Dekoruma dapat melayani berbagai instalasi custom untuk kitchen set, kamar tidur, dan ruangan lainnya di dalam rumah. 

Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.