Kesalahan Negara dalam Menangggulangi Darurat Narkoba Menurut Pandji Pragiwaksono

Abdul Rahman Syaukani | 7 Juni 2018 | 14:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pandji Pragiwaksono menyoroti maraknya artis yang kerap ditangkap pihak berwenang karena berurusan dengan kasus narkoba. Beberapa diantaranya adalah Jennifer Dunn, Fachry Albar dan Tio Pakusadewo.

Dalam pandangannya, Pandji Pragiwaksono meminta negara untuk tidak mengkriminalkan pengguna narkoba layaknya penjahat. Seharusnya negara berperan aktif menyebuhkan mereka dari ketergantungan obat terlarang.

"Negara ini harus berhenti memperlakukan pengguna sebagai penjahat. Cuma negara lebih senang mempermalukan teman-teman  seniman kita ketimbang menangkap orang yang bertangggung jawab. Bahwa  menggunakan narkoba tidak bisa dibenarkan gue setuju, tapi orang punya alasan kenapa bisa sampai kesitu," papar Pandji Pragiwaksono.

Memperlakukan korban seperti penjahat,  bagi Pandji Pragiwaksono, merupakan kesalahan bagaimana negara merespons maraknya peredaran obat-obatan terlarang di Tanah Air.

"Pertanyaan besarnya kenapa berkali-kali lembaga seperti BNN, polisi  menggunakan teman-teman entertainer kita semacam pamflet dari kampanye mereka. Di negara maju harusnya  mereka bisa membedakan pelaku dan pengguna. Harusnya yang dipermalukan dibawa ke hadapan media penjual dong, mereka kan penjahatnya. Kalau negara ini tidak bisa membedakan pelaku dan pengguna, ada yang salah dalam menyikapi darurat narkoba ini," papar pandji Pragiwaksono.

(man / wida)

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait