Ridwan Kamil Umumkan Rencana Pembangunan Taman Dilan di Bandung

Christiya Dika Handayani | 11 Februari 2019 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengumumkan rencananya membangun Taman Dilan di Bandung. Menurutnya, taman ini dibangun sebagai bentuk dedikasi karena besarnya dampak dan pengaruh dari tokoh Dilan untuk kota Bandung.

"Taman Dilan itu satu memang untuk dedikasi sebuah cerita yang membuat Bandung jadi luar biasa," ujar Ridwan Kamil dalam konferensi pers di rumah dinasnya di Bandung, Jawa Barat, Minggu (10/2).

"Dengan Ayah (Pidi Baiq) saya sudah sepakat ada legenda-legenda kontemporer istilahnya kita abadikan dalam sebuah tempat. Taman Dilan nanti akan ada di Gelora Saparua," sambungnya.

Nantinya, taman ini akan berisi mural serta quote dari Pidi Baiq, penulis novel Dilan. Tak hanya itu, taman Dilan ini juga akan berisi perpustakaan serta motor yang disulap seolah milik karakter Dilan dalam filmnya.

"Ya namanya kontemporer itu artinya orang mau ngapain? Pasti mau foto-foto kan atau orang mau baca buku. Nanti di tempat itu ada perpustakaan yang isinya buku-buku mayoritas tentang Bandung dan Dilan juga. Kemudian ada quote-quote Ayah yang memang inspiratif kan. Termasuk nanti ada motor-motor yang disulap jadi seolah-olah motor Dilan," sambung pria yang akrab disapa Kang Emil ini. 

Dengan adanya taman ini, Ridwan Kamil berharap dapat menjadi tambahan wisata baru di Bandung yang dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke kota Bandung. Diketahui sebelumnya, film Dilan 1990 menjadi film terlaris ke-2 sepanjang masa dengan raihan penonton sebanyak 6,3 juta.

"Mudah-mudahan itu menjadi daya tarik. Kalau ke Amerika ada Disneyland, kita cukuplah Taman Dilan. Asal ke sininya membawa benefit ekonomi yang positif," pungkas Ridwan Kamil.

Jika tak ada halangan, Taman Dilan ini akan selesai dibangun dan dapat dinikmati warga Bandung akhir tahun 2019 mendatang. Namun bertepatan dengan Hari Dilan yang ditetapkan pada 24 Februari 2019 mendatang, Taman Dilan ini untuk pertama kalinya akan diperkenalkan ke publik.

Seperti diketahui, film Dilan akan dibuat sekuelnya. Rencananya film yang masih dibintangi Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla berjudul Dilam 1991 ini akan mulai tayang serentak di seluruh bioskop Tanah Air pada 28 Februari 2019.

(dika / wida)

Penulis : Christiya Dika Handayani
Editor: Christiya Dika Handayani
Berita Terkait