Ini yang Bisa Anda Lakukan saat Orang Terdekat Punya Pikiran Bunuh Diri

Yuriantin | 16 Oktober 2019 | 10:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ada dua jenis perilaku bunuh diri. Yang pertama, punya pikiran bunuh diri dan melakukannya. Yang kedua, punya pikiran bunuh diri tapi tidak akan melakukannya.

Meski kelompok yang kedua tidak terkesan "darurat", namun dengan adanya pikiran bunuh diri saja, menandakan adanya kualitas hidup yang kurang.

"Dengan adanya pemikiran saja, itu sinyal ada sesuatu yang salah," ucap Benny Prawira, kepala koordinator Into The Light.

Jika timbul pikiran tersebut, Benny menyarankan untuk segera mencari bantuan. "Jangan menyerah cari orang lain atau ahli yang mau mendengarkan permasalahan Anda," imbuh Benny yang tidak malu mengaku sesekali ia juga berkonsultasi pada psikolog jika sedang ada masalah.

Sebaliknya, orang terdekat sebisa mungkin tidak mengatakan sesuatu yang justru melukai keluarga atau teman yang punya pikiran atau pernah melakukan bunuh diri.

"Kalau tidak bisa mengungkapkan sesuatu yang baik, mending tahan diri Anda untuk berbicara," terang dia. Tujuannya agar tidak ada stigma yang muncul. 

"Jika Anda merasa tidak bisa mendampingi mereka karena takut justru timbul judgement, cukup tunjukkan bahwa Anda khawatir dan rujuklah mereka kepada ahli," Benny memaparkan.

(yuri)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait